Pages

Honeymoon Avenue - Ariana Grande

Jalan bulan madu? Sepertinya lagu ini tentang mengingat kembali betapa indahnya masa-masa manis bulan madu, saat semua itu telah berlalu. Biasa lah, masa transisi sebuah hubungan, ketika kebosanan dan factor lain jadi ujian.

I looked in my rearview mirror and
It seemed to make a lot more sense
Than what I see ahead of us, ahead of us
I'm ready to make that turn
Before we both crash and burn
Cause I can be the death of us, the death of us, baby


Hari ini, seperti hari-hari lain akhir-akhir ini. Kita sering berselisih paham. Bahkan, pada saat seperti ini, saat berkendara bersama, berkali-kali kulirik kaca spion, menilik ke belakang, kembali ke hubungan kita yang dulu. Masuk akal sih, kita memang sering berselisih. Aku tahu hari seperti ini akan datang dalam hubungan kita. Karenanya, aku tak berani berharap banyak, tak berani melihat masa depan hubungan kita terlalu jauh. Aku memilih untuk banting stir, mengalah pada keputusanmu. Daripada kendaraan yang kita tumpangi bersama ini menabrak, terbakar dan hancur. Aku tak ingin kau menyalahkanku jika hubungan kita hancur. Aku memutuskan untuk menurutimu saja.

II
You know how to drive in rain
You decided not to make a change
Stuck in the same old lane
Going the wrong way home


Aku percaya kau akan mampu mengendalikan keadaan ini. Mahir, layaknya ketika kau menyetir saat hari hujan. Kau tak mau berubah, kau tak mau mengalah. Ngotot meski kau tahu kau salah. Mungkin, penyelesaiannya tidak dengan cara yang baik, tapi aku percaya padamu. Aku percaya kau akan kembali padaku, meski dengan cara yang salah.

III
I feel like my heart is stuck
In bumper to bumper
Traffic, I'm under pressure
Cause I can't have you the way that I want
Let's just go back to the way it was


Aku merasa terjebak. Seperti tergencet diantara bemper kendaraan. Sesak, seperti macet di tengah lautan kendaraan. Aku tertekan dengan keadaan ini. Kau, ternyata tak seperti yang kuharapkan dulu. Kau berubah. Harusnya aku bisa membaca gelagat itu sejak dulu, tapi aku menolak mengakuinya. Aku kangen kita yang dulu, yang semua serba manis dan menyenangkan.

IV
When we were on Honeymoon Avenue
Honeymoon Avenue
Baby, Coasting like crazy
Can we get back to the way it was


Aku ingin kembali ke saat-saat bulan madu kita, saat dunia hanya milik kita berdua. Kunamai kenangan itu dengan sepanjang jalan bulan madu. Kita mengarunginya dengan kegilaan cinta, kegilaan yang melambungkan hati. Bisakah kita kembali ke masa-masa seperti itu lagi? Aku sungguh merindukan dirimu yang dulu.

Hey, What happened to the butterflies
Guess they encountered that stop sign
And my heart is at a yellow light, a yellow light
Hey, right when I think that we found it
Well that's when we start turning around
You're saying baby don't worry
But we're still going the wrong way baby


Apa yang terjadi dengan sensasi kupu-kupu di perutku? Apa yang terjadi dengan debaran hatiku tiap kali bersamamu? Sepertinya yang seperti itu menghilang perlahan, tanpa bisa kucegah, tanpa bisa kutahan. Hatiku kebat-kebit, kurasakan antara masih cinta dan tidak. Saat kutemukan sebabnya, saat ku tahu di mana posisi hatiku tiap kali bersamamu, jalan bulan madu itu sudah berbalik arah. Kita memang masih bersama, tapi jalan yang kita tempuh sudah berbeda, salah dari tujuan semula.

They say only fools fall in love
But they must've been talking about us
Sometimes I feel like
I've been here before
I could be wrong, but I know I'm right
We gon' be lost
If we continue to fight
Honey I know
We can find our way home

Banyak yang mencemooh hubungan kita dulu. Kita memang tergila-gila satu sama lain. Banyak yang sinis tentang kelanjutan hubungan kita. Tapi kita bertahan, kita tetap bersama, meski badai seperti ini menghadang, meski kita berselisih paham. Karena, kubiarkan kau yang menyetir, aku tak kan ikut campur, agar kendaraan tak oleng, menabrak dan hancur berantakan. Aku tak ingin menghancurkan apa yang kita bina. Mungkin rasanya memang menyesakkan, tapi setidaknya, aku pernah berbahagia bersamamu. Dan cinta ini, kurasa aku masih memilikinya. Aku masih bisa berbahagia.

When we were on
Let's just go back


Di manapun kita berada sekarang, mari kita kembali, ke sepanjang jalan bulan madu yang pernah kita lalui. Kita lanjutkan perjalanan kita dengan penuh kemanisan dan kasih sayang.

8 comments:

  1. interprestasi lagunya bagus baangett. masa transisi sebuah hubungan.
    aku tertarik sama interpretasi kamu buat lagu ini, kalo boleh aku mau pinjem ini buat jadi semacam cerita gitu, boleh ga? terimakasihh

    ReplyDelete
  2. Mmm,menyentuh,jadi pingin juga terjemahin lagu lain:D

    ReplyDelete
  3. Wawww...
    Baru jumpa interpretasinya..
    Manis banget,..
    Terharu ;( .

    ReplyDelete
  4. Bagus banget interpretasinyaa kerenn^^

    ReplyDelete
  5. Menyentuh sekali banyak makna konotatif yang dimunculkan pokoknya berkesan deh

    ReplyDelete