Pages

Old Money – Lana Del Rey

Old money itu bukan uang kuno lho. Old money itu adalah, orang yang terahir dari keluarga yang kaya raya secara turun temurun.

Blue hydrangea, cold cash, divine,
Cashmere, cologne and white sunshine.
Red racing cars, sunset in vine,
The kids were young and pretty.

Bunga-bunga Hydrangea biru bertebaran di taman, uang tunai yang sangat banyak sekali, sungguh istimewa sekali. Mengenakan pakaian sutra kasmir yang lembut, cologne yang segar dan tidak pasaran, menikmati cahaya mentari yang menyilaukan. Aku sangat senang sekali melihat keluarga yang seperti itu. Mereka naik mobil sport merah yang keren, menikmati mentari tenggelam sewarna anggur, sambil minum anggur. Anak-anak mereka, terlihat sangat berjiwa muda dan tampil menawan.

Where have you been? Where did you go?
Those summer nights seem long ago,
And so is the girl you used to call,
The Queen of New York City.

Apapun yang mereka lakukan, selalu jadi sorotan. Kemana mereka akan pergi, dari mana mereka datang, semua tentang mereka. Pesta di malam-malam musim panas itu seperti telah lama berlalu. Juga tentang berapa gadis yang biasa mereka hubungi, telah lama berganti. Para gadis dari kalangan mereka, adalah para ratu di New York City.

But if you send for me you know I'll come,
And if you call for me you know I'll run.
I'll run to you, I'll run to you, I'll run, run, run.
I'll come to you, I'll come to you, I'll come, come, come.
Tapi, andai kau mengundangku, kau tahu pasti aku akan datang menyambut undanganmu. Dan jika kau meneleponku, aku akan berlari menemuimu.

The power of youth is on my mind,
Sunsets, small town, I'm out of time.
Will you still love me when I shine,
From words but not from beauty?
Kekuatan dan jiwa muda mereka menghantui pikiranku. Semua tentang mereka, sinar matahari yang tenggelam, kota kecil yang menawan, sungguh di luar jangkauanku. Apakah aku, dari kalangan biasa ini, akan mendapat kesempatan untuk kalian cintai jika aku ikut bersinar seperti kalian? Aku akan bersinar, lewat kata-kataku, meski bukan lewat kecantikan tubuhku.

My father's love was always strong,
My mother's glamor lives on and on,
Yet still inside I felt alone,
For reasons unknown to me.

Aku tahu aku pernah seperti kalian. Ayahku, meninggalkan warisan kekuatan hati yang tak tertandingi. Ibuku, mewariskan keanggunan yang tak bisa diajarkan. Keindaha sisa masa lalu, terpatri lama dalam hidupku. Meski begitu, aku merasa bukan bagian dari kalian. Aku malah kesepian jika bersama dengan kalian. Meski status kita sama, entah mengapa aku merasa demikian.

But if you send for me you know I'll come,
And if you call for me you know I'll run.
I'll run to you, I'll run to you, I'll run, run, run.
I'll come to you, I'll come to you, I'll come, come, come.

Kalian tahu pasti jika aku diajak untuk menjadi bagian dari kalian, aku akan menyambut ajakan itu. Kalian juga tahu jika kalian meneleponku, aku akan langsung datang menemui kalian.

And if you call I'll run, run, run,
If you change your mind I'll come, come, come.
Jika nanti kalian berubah pikiran, dan menganggapku sebagai bagian dari kalian, aku akan langsung datang pada kalian.

Blue hydrangea, cold cash, divine,
Cashmere, cologne and hot sunshine.
Red racing cars, sunset in Vine,
And we were young and pretty.

Masih teringat di benakku, tentang kejayaan masa lalu. Bunga hydrangea biru yang indah di taman, uang tunai yang banyak, sutra kasmir yang lembut, cologne yang enak dihirup, sinar mentari yang menyilaukan. Aku rindu suasana seperti itu. Naik mobil balap warna merah, minum anggur sambil menikmati mentari tenggelam. Dan kami terus berjiwa muda dan tampil menawan.

8 comments:

  1. Aku penasaran, ini interpretasinya kamu buat sendiri atau kamu terjemahin dari postingan orang-orang luar sana mungkin???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Kalau menurutmu bagaimana? ^_^
      Biasanya kalau terjemahan bahasanya tidak berbelit-belit, tidak bersayap.

      Delete
  2. requst lana del rey-off to the races bisa ngga?? aku nerjemahin ngga ketemu2 maksudnya apaan :)

    ReplyDelete
  3. Suka banget sama interpretasinya :)

    ReplyDelete
  4. thankyou jadi ngerti makna lagunya, ga mudah bikin interpretasi

    ReplyDelete
  5. Ah ini semua mengingat kan ku pada keluarga Kennedy, terlebih Jackie dan Jack.

    ReplyDelete