Pages

The Man - Taylor Swift

Ternyata, di dunia industri hiburan yang mana peran bisa dimainkan oleh siapapun, pun masih ada tindakan diskriminasi gender. Sama aja berarti dengan dunia orang biasa. Maka kita sebagai netijen jangan jahat-jahat ya jempolnya.

I would be complex
I would be cool
They'd say I played the field before
I found someone to commit to
And that would be okay
For me to do
Every conquest I had made
Would make me more of a boss to you

Aku bisa saja menjadi orang yang rumit. Tapi bisa juga jadi orang yang santai. Orang-orang itu berkata aku pernah melalui yang seperti ini sebelumnya. Telah kutemukan seseorang yang membuatku terikat, dan aku baik-baik saja. Setiap penaklukan yang kumenangkan, semakin membuatku berkuasa kepadamu.

I'd be a fearless leader
I'd be an alpha type
When everyone believes ya
What's that like?

Aku bisa menjadi pemimpin yang pemberani.   Karena aku adalah tipe alpha, sang penguasa. Tahu kan rasanya saat semua orang menaruh kepercayaan kepadamu?

I'm so sick of running
As fast as I can
Wondering if I'd get there quicker
If I was a man
And I'm so sick of them
Coming at me again
'Cause if I was a man
Then I'd be the man
I'd be the man
I'd be the man

Lelah rasanya terus berlari dan bersembunyi, secepat dan semampu yang kubisa. Aku penasaran apa aku bisa lebih gesit lagi. Andai aku ini seorang lelaki, ingin rasanya jadi mereka, meski muak aku berhadapan dengan mereka yang terus mengejarku. Karena jika saja aku ini seorang lelaki maka aku akan berusaha menjadi seorang lelaki sejati. Pasti.

They'd say I hustled
Put in the work
They wouldn't shake their heads
And question how much of this I deserve
What I was wearing, if I was rude
Could all be separated from my good ideas and power moves
And we would toast to me, oh, let the players play
I'd be just like Leo, in Saint-Tropez

Jika aku adalah lelaki, mereka berkata bahwa aku ini cekatan dalam bekerja. Tak ada keraguan sedikitpun, dan tak ada pertanyaan tentang seberapa pantas penghasilan yang kudapatkan. Jika aku adalah lelaki, maka apapun yang kukenakan tak akan mereka jadikan acuan ketika aku bersikap kasar. Apapun tampilanku, mereka akan tetap menerima ide dan kekuatan yang kutawarkan. Mereka akan mendukungku, menyanjungku, dan membiarkan aku bermain dalam dunia mereka. Baiklah. Aku akan menjadi seperti Leonardo diCaprio yang berlibur bersama para super model di Saint-Tropez, tanpa cemoohan, apapun yang dilakukannya.

What's it like to brag about raking in dollars
And getting bitches and models?
And it's all good if you're bad
And it's okay if you're mad

Seperti apa ya rasanya bisa mendapatkan banyak uang, ketenaran, sanjungan, sekaligus menggandeng para j*l*ng dan model-model cantik itu? Seolah kalau mereka yang melakukan, sebejat apapun tak mengapa. Bahkan jika marah pun banyak yang memakluminya.

If I was out flashin' my dollas
I'd be a bitch, not a baller
They'd paint me out to be bad
So it's okay that I'm mad

Akan tetapi, jika aku yang menghabiskan uangku untuk berfoya-foya dengan cara yang sama, maka aku justru panen hujatan. Jadi wajar kan jika aku marah?

And I'm so sick of them
Coming at me again (coming at me again!)
'Cause if I was a man (if I was man)
Then I'd be the man
I'd be the man
I'd be the man (oh)
I'd be the man (yeah)
I'd be the man (I'd be the man)

Rasanya muak sekali berhadapan dengan mereka yang bersikap diskriminatif seperti itu. Mereka terus mendatangiku, tapi jika aku yang mendatangi mereka, mereka menyebutku j*l*ng. Oh, andai aku ini lelaki, tentu beda perlakuan yang kudapatkan.

2 comments:

  1. lagunya ini keren banget makna, dan caramu merepresentasikan tiap liriknya juga keren, ngena banget sama makna yang benar2 disampaikan Taylor

    ReplyDelete
  2. Ya ampun cara taylor nulis liriknya, dan cara kamu memaknainya kerennnn bgtttttt, thank you udh post makna lagu Taylor yg ini💙

    ReplyDelete