Pages

Counting Stars - OneRepublic

Kalau hanya dibaca, lirik lagu ini seolah tidak nyambung ceritanya. Jadi, agak susah untuk memulai awal interpretasinya. Kupikir, lagu ini tentang sepasang kekasih yang berselisih pandang. Hanya berselisih, beda pemikiran lah istilahnya. Tidak sampai menyebabkan konflik, hanya berbeda. Itu saja. Satu orang berfikir sederhana dalam menyikapi hidup, satunya lagi berfikir jauh ke depan. Kadang, yang seperti itu, yang menyebankan konflik adalah apabila saling meremehkan. Yang sederhana menganggap yang jauh itu lebay, atau yang jauh menganggap yang sederhana hanya malas saja. Kalau bisa sama-sama menerima dan menganggap itu adalah perbedaan sepele, maka sebuah hubungan akan berjalan baik-baik saja. Saling melengkapi, saling mengontrol. Kali ini, tak ambil dari sudut pandang yang pikirannya jauh ke depan saja ya.

Lately, I've been, I've been losing sleep
Dreaming about the things that we could be
But baby, I've been, I've been playing hard
Said no more counting dollars
We'll be counting stars, yeah we'll be counting stars


Yank, aku mau curhat nih. Tahukah kau mengapa akhir-akhir ini aku jarang member ucapan selamat pagi untukmu? Karena aku bangun siang (sudah tahu, jawabmu). Kok tidak tanya alasannya? (apa dong? Tanyamu). Aku tidak bisa tidur. Memikirkan kita, memikirkan masa depan kita. Aku membayangkan beberapa kemungkinan kehidupan yang akan kita jalani kelak. Tuh kan, kau menghela napas lagi tiap kali aku membicarakan masa depan? Bagaimana tidak, Yank. Coba deh bayangkan. Aku ini pekerja serabutan. Aku khawatir tak bisa membahagiakanmu dengan layak kelak. Aku khawatir kau hanya akan menderita lahir batin jika terus bersamaku. (Terus, kau berniat putus, begitu? Tanyamu). Tidak seperti itu, Yank. Aku hanya merasa tak mampu memberimu lebih. Kau menghela napas lagi, mengulangi mengingatkanku, bahwa hidup itu tidak selamanya tentang uang dan uang. Kebahagiaan itu rasanya sama, bagi pemilik uang, maupun yang tidak memilikinya. Tinggal kita pilih akan bahagia, atau terus merepotkan diri, itu saja. Baiklah. Aku akn menunda memikirkan tentang uang dan penghasilan yang pas-pasan. Aku akan berkhayal yang indah-indah saja tentang kita, sambil menghitung bintang.

II
I see this life like a swinging vine
Swing my heart across the line
In my face is flashing signs
Seek it out and you shall find


Caraku memandang hidup memang tidak sama dengan caramu. Aku, tidak terbiasa hidup dalam keadaan tidak siap. Aku terbiasa berencana. Aku suka caramu yang menikmati setiap harimu tanpa ribet ini itu. Jalani ya jalani saja. Aku bukannya tidak suka, hanya tidak terbiasa saja. Kalau bisa, aku ingin kau mengayunkan hatiku, lewati batas cara berfikirku yang rumit. Karena hidupku seperti jalinan tanaman merambat. Ruwet, tapi jelas awal akhirnya. Ajak aku berfikir lebih sederhana, agar aku tidak lelah menghadapi hidup. Kau akan melihat tanda kekusutan di wajahku, yang menunjukkan saat-saat kau harus menyederhanakan hatiku.

III
Oh, but I'm not that old
Young, but I'm not that bold
I don't think the world is sold
I'm just doing what we're told
I feel something so right
Doing the wrong thing
I feel something so wrong
Doing the right thing
I could lie, could lie, could lie
Everything that kills me makes me feel alive
Back to I (2x)


Aku mungkin orang tradisional, tapi aku tidak kolotan. Aku masih muda, tapi bukan penggemar hura-hura. Aku tidak merasa bodoh, tapi mengapa rasanya hidup ini membodohiku? Di saat aku melakukan sesuatu yang benar, aku malah merasa sebaliknya. Saat aku melakukan kesalahan, aku juga merasa sebaliknya. Sungguh tidak asik kalau dipikir terlalu ribet. Jalani ya jalani saja. Iya kan? Benar ya syukuri, salah ya perbaiki. Tapi itu bukanlah aku. Karena kalau aku bisa sesederhana itu, aku tak perlu curhat padamu. Aku tetap seperti ini meski kuiyaka tiap kali kau menyederhanakanku. Maafkan aku, sering membohongimu tentang kondisi hati dan pikiranku. Yaaahhh, mau bagaimana lagi, daripada kau khawatir tentangku dan ikut-ikutan tak nyenyak tidur, hayo? Biarkan saja, aku hanya ingin cerita. Aku sedang menguatkan hati untuk menerima keruwetan cara berfikirku. Karena dengan berfikir ruwet, aku merasa benar-benar hidup meski harus pusing tujuh keliling (minum obat sakit kepala aja, kelakarmu). Hmmm, lagi -lagi, kau menenangkanku.

IV
I feel the love and I feel it burn
Down this river, every turn
Hope is a four-letter word
Make that money, watch it burn

Woa, sepertinya yang seperti itu lah yang membuatku jatuh cinta padamu. Selalu dan selalu. Dan cinta yang kurasakan ini membakar semangat di hatiku. Aku akan menghadapi hidup, menyusuri segala sugnai kesulitan dan melewati tikungan-tikungan tajam dengan lancar. Aku akan bekerja lebih giat. Pikiran ruwetku akan kufokuskan dalam pekerjaan. Agar aku bisa mengumpulkan lebih banyak uang, agar kekhawatiranku menghadapi masa depan agak berkurang. Kau memang hebat, Sayang. Dengan caramu, kau menyadarkanku.

Back to III
Back to I (2x)
V
(4x)
Take that money
Watch it burn
Sing in the river
The lessons are learnt
Everything that kills me makes feel alive

Jangan kau ributkan lagi jika aku membahas tentang uang. Karena itulah yang menenteramkanku. Nikmati saja, aku janji akan membahagiakanmu kelak. Lihatlah, aku akan bekerja keras sekarang. Bernyanyilah, bersuka citalah, hadapi hidupmu dengan gembira, ambil hikmah dari segala permasalahan yang ada. Tetaplah mendukung keruwetanku. Karena, meski kurasa akan membunuhku, keruwetan itu membuat hidupku terasa lebih hidup.

15 comments:

  1. keep updating this blog please
    this one is very good.
    mantap mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang suka musik indonesia dan luar negri saya ada rekomendasi..ke ( Keisha Cantik Channel ) aja di YouTube lagunya enak2 dah ada lirik dan terjemahannya juga. semoga bermanfaat

      Delete
  2. i love this blog :)

    ReplyDelete
  3. I love this song and I love you, ups I love this post :D

    ReplyDelete
  4. Thanks kak, buat referensi ni..

    ReplyDelete
  5. Good meaning, Seperti apa yang selama ini aku hadapi,
    Tetap semangat!

    ReplyDelete
  6. kereeeennnnnnn lebih ngenaaaa...

    ReplyDelete
  7. Waw... Yang awalnya gak ngerti jadi ngeh juga,blog ini keren!

    ReplyDelete
  8. popcrush.com/onerepublic-counting-stars-song-meaning/ coba baca interpretation yg ini :( kok beda yaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  9. I Will be counting stars
    Thanks a lot

    ReplyDelete
  10. yang suka musik indonesia dan luar negri saya ada rekomendasi..ke ( Keisha Cantik Channel ) aja di YouTube lagunya enak2 dah ada lirik dan terjemahannya juga. semoga bermanfaat

    ReplyDelete