Pages

Points of Authority – Linkin Park

Aku blank, kehilangan ide. Belum tahu lagu ini tentang apa. Apa ya? Ayo pikir pikir pikir pikir.
Mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm………………………………………………….
Banyak sekali kemungkinannya, harus kuambil salah satu agar mudah dipahami. Aku bingung.
Enaknya, tentang cinta apa cerita kehidupan? Atau karakter manusia aja? Atau sesuatu yang lebih gelap lagi? Bisa saja sih baca-baca tentang background lagu ini. Tapi itu berarti aku nyontek dong, bukan lagi interpretasi.
Baiklah, kupilih tentang karakter manusia aja. Gak papa ya readers….

Forfeit the game
Before somebody else
Takes you out of the frame
And puts your name to shame
Cover up your face
You can't run the race
The pace is too fast
You just won't last


Ada kalanya, kita harus memilih untuk berhenti. Pasrah pada keadaan, sadar kemampuan diri. Terjatuh sendiri memang sakit, tapi tanpa tambahan sakit hati karena menyalahkan orang lain. Jatuh karena didorong orang lain, sakitnya berlipat-lipat. Sebelum ada yang mendorong kita dari gelanggang kehidupan, lebih aman kalau kita turun sendiri. Tanpa luka yang berarti, kita akan bisa mulai untuk naik lagi. Saat ini, pertarungan terlalu sengit untuk kau ikuti. Aku tahu itu. Jalanmu masih tertatih-tatih bekas jatuh dulu, tapi yang lain mampu berlari. Kalau kau paksakan, kau akan selamanya merasa itu tidak adil.

You love the way I look at you
While taking pleasure in the awful things you put me through
You take away if I give in
My life
My pride is broken


Entah mengapa, aku selalu merasa ada satu sisi gelap menghuni hatimu. Aku selalu memperhatikanmu, mencari tahu semua tentangmu. Kau suka dengan perhatianku, kau bilang. Jadi kau tahu kalau kuperhatikan? Apa kau marah? Kuharap kau tak kan pernah tahu mengapa kau kuperhatikan. Aku takut. Suatu hari kau akan mengancam kelangsungan hidupku. Aku takut, karena tanpa kau sadari, kau selalu menebar teror di sekitarku. Aku tak lagi punya harga  diri di hadapanmu.

You like to think you're never wrong
 (You live what you've learned)
You have to act like you're someone
 (You live what you've learned)
You want someone to hurt like you
 (You live what you've learned)
You want to share what you have been through
 (You live what you've learned)


Memangnya kau pikir kau ini siapa? Bertingkah seolah kau tahu segalanya. Kau selalu merasa paling benar, padahal kau hanya menerapkan apa yang pernah kau lihat, dengar dan rasakan. Dan itu belum tentu benar. Kau memang telah mengalami masa-masa sulit di hidupmu. Tapi dunia ini adil, Kawan. Bukan berarti semua orang yang latar belakangnya sama denganmu harus bernasib sama pula denganmu. Menyimpan perasaan seperti itu hanya akan menimbulkan dendam dan iri yang tak berkesudahan. Bukannya menyelesaikan masalahmu, justru akan semakin memberati hatimu. Kau tidak harus menunjukkan pada semua orang  tentang penderitaanmu agar mereka simpati. Kau tak harus mengutuk orang-orang yang menyakitimu agar kelak mereka mengalami kesakitan yang sama. Tak harus, Kawan. Karena dunia ini adil. Menunggu mereka mengalami penderitaan yang sama denganmu hanya akan membuatmu semakin buruk.

You love the things I say I'll do
The way I hurt myself again just to get back at you
You take away when I give in
My life
My pride is broken


Kau bilang kau adalah sahabatku. Kau menyukai kata-kata manisku yang slalu menghiburmu. Kau kesepian, sendirian, terluka, berharap ada orang yang tak kan meninggalkanmu lagi. Kau menuntut janji dariku bahwa aku akan selalu bersamamu. Kurendahkan diriku di hadapanmu. Harga diriku terkoyak menghadapimu. Rasa takutku padamu mengalahkan segalanya. Mengapa? Karena aku tahu sisi gelapmu. Karena aku sadar seberapa berbahayanya dirimu.

Forfeit the game
Before somebody else
Takes you out of the frame
And puts your name to shame
Cover up your face
You can't run the race
The pace is too fast
You just won't last


Menyerahlah kali ini Kawan. Lawanmu bukan sebangsaku yang akan menghancurkan harga diri mereka karena takut padamu. Mereka berjiwa lebih kuat, sedangkan dengkimu membuatmu rapuh. Kau tak kan bisa bertahan kali ini. Sebagai kawan, kusarankan agar kau berhenti. Meski aku membencimu, tapi aku lebih benci lagi melihatmu hancur.

5 comments:

  1. BANYAKIN LAGU2 LINKIN PARK DAN SUM41 DONG SISSSSS T^T

    ReplyDelete
  2. Pencerahan yang bagus terima kasih

    ReplyDelete
  3. Amazing...
    buat q makin yakin life must go on tanpa dendam

    ReplyDelete
  4. Koreksi bang lagu lagu yang Chester(vokalis yg teriak triak nya) buat berdasarkan masa lalu nya yg kelam,hancur,berantakan,karena orang tua nya berpisah,dan banyaknya tekanan dalam hidupnya,jd intinya lagu ini adalah menjelaskan tentang seseorang yg telah menghancurkan kehidupannya dulu saat masih kecil yg mengakui dirinya selalu benar,tidak pernah salah,dan orang tersebut ingin melampiaskan semua keterpurukan apa yg dideritanya dulu pada orang lain,dan ingin orang lain menderita seperti yg dialaminya dulu

    ReplyDelete