Pages

ALL IZZ WELL - Sonu Nigam, Shaan, Swanand Kirkire (Ost. 3 Idiot)

Lagu ini adalah salah satu lagu dalam film 3 Idiots yang diperankan oleh Amir Khan dan Kareena Kapoor, yang ceritanya keren banget, pokoknya tidak seperti film India kebanyakan lah. Dan lagi, ada pesan positif dalam lagu ini.

Jab life ho out of control
Honthon ko kar ke gol
Honthon ki kar ke gol
Seeti bajaa ke bol

Ketika kehidupan ini berjalan tak semestinya, tak seindah yang kita bayangkan, biarkan saja. Hidup memanglah seperti itu. Yang perlu kau lakukan untuk menyemangatimu adalah, ayo, kerucutkan bibir, bersiul lah dan teriakkan ALL IZ WELL!!!! Maka, seperti halnya yang kau teriakkan itu, semuanya akan baik-baik saja.

Murgi kya jaane aande ka kya hoga
Aree life milegi ya tawee pe
fry hoga
Koi na jaane apna future kya hoga


Perumpamaannya seperti ini. Induk ayam tak kan pernah tahu nasib telur-telurnya kelak kan? Apakah akan menetas dengan aman, ataukah berakhir di peenggorengan. Seperti halnya kita, tak ada yang pernah tahu pasti tentang masa depan kita. Meski telah dirancang dan dipersiapkan dengan baik, hidup kadang menyuguhkan yang sebaliknya.

Honth ghuma
Seeti bajaa
Seeti bajaa ke bol
Bhaiyaa aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well
Aree chachu aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well

Jadi, untuk menyenangkan hati, mati kita bersiul saja, bersenandung saja, dan teriakkan keras-keras, ALL IZ WELL, maka semuanya akan baik-baik saja. Ayo Saudara… serukan ALL IZ WELL! Ayo Om, Tante, Adik, Kakak, semuanya, teriakkan All Iz Well!!! Maka, semuanya pasti akan baik-baik saja.

Confusuin hi confusion hai
Solution kuch pata nahin
Solution jo mila to saala
Question kya tha pata nahin


Kekacauan di mana-mana. Semua orang berlomba-lomba mengatasi kekacauan dalam hidup mereka sendiri-sendiri. Mereka menanyakan banyak hal, mencari banyak cara, tanpa menemukan penyelesaian. Terlalu lama hanya dipikir tanpa dilakukan, ketika penyelesaian itu datang, mereka sudah lupa pada permasalahannya.

Dil jo tera baat baat pe
Ghabraaye
Dil pe rakh ke haath usae tu fuslaa le
Dil idiot hai pyaar se usko samjha le

Saat hatimu merasa gelisah sepanjang waktu, letakkanlah tangan di dadamu, hiburlah dirimu dengan kata-kata yang baik, agar gelisah itu segera sirna. Hati itu layaknya seorang yang bodoh, jadi, kau harus mengetuknya dengan lemah lembut dan penuh kebaikan agar bisa kau ajak kerjasama.

Honth ghuma
Seeti bajaa
Seeti bajaa ke bol
Bhaiyaa aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well
Aree chachu aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well

Ayo Paman, Tante, Kakak, Adik, semuanya, kerucutkan bibir kalian, bersiullah. Hibur hati kalian  dengan meneriakkan ALL IZ WELL!!! Maka semuanya akan baik-baik saja.

Scholarship ki pi gayaa daaru
Ghum to phir bhi mitaa nahin
Agarbattiyan raakh ho gayi
God to phir bhi dikha nahi


Aku telah menelan mentah-mentah kesulitan memperoleh dan menjaga beasiswa, dan akhirnya kudapatkan. Tapi, rasa putus asa ini tak jua sirna dari hatiku. Apa yang salah denganku. Aku sudah berjuang keras, belajar terus –menerus, bahkan aku berdoa tiap waktu. Tapi sepertinya Tuhan tak mendengarkan, karena tak ada yang berubah di hatiku.

Bakra kya jaan uski jaan ka kya hoga
Sekh ghusegi ya saala Keema hoga
Koi na jaane apna future kya hoga


Tak ada yang tahu nasib seekor domba di masa yang akan datang. Apakah akan jadi sate? Atau dicincang halus? Seperti halnya kita, tak ada yang tahu pasti masa depan seperti apa yang akan kita hadapi.

To Honth ghuma
Seeti bajaa
Seeti bajaa ke bol
Bhaiyaa aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well
Aree chachu aal izz well
Aree bhaiyaa all izz well

Jadi, ayo semuanya, teriakkan saja ALL IZ WEL!!!!

Note: kata-kata yang baik akan meresap ke dalam pembuluh darah, mengalir bersamanya, dan menciptakan kondisi tubuh dan pikiran yang baik. Berlaku bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.

1 comment: