Pages

If I Were A Boy – Beyonce

Lagu ini berisi tentang curahan hati para perempuan, yang sangat kesal dengan sikap para lelaki yang suka seenaknya. Harap maklum, karena para lelaki diciptakan dengan kadar kesensitifan yang dikurangi, hehehe. Beyonce berusaha membahasakan lagu ini dengan mengandaikan dirinya sebagai lelaki, yang pastinya akan lebih peka mengahadapi perasaan perempuan.

If I were a boy, even just for a day
I'd roll out of bed in the morning and throw on what I wanted and go
Drink beer with the guys, and chase after girls
I'd kick it with who I wanted and I'd never get confronted for it
Cause they stick up for me


Tahukah kau apa yang ingin kusampaikan padamu? Aku kesal setengah mati. Jika saja aku diijinkan untuk berubah menjadi lelaki, meski hanya sehari, aku pasti akan senang sekali bisa mengerti dirimu meski sedikit. Aku akan bebas beranjak dari tempat tidur, berganti pakaian sekenanya dan pergi begitu saja, tanpa harus peduli ranjangku sudah rapi atau belum, tanpa harus mengingat segala pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya. Aku pastinya akan bisa minum-minum dengan teman-temanku, menggoda para gadis yang lewat, menikmati segala pemandangan indah itu. Aku pastinya bisa bersenang-senang, seharian, tanpa ada apapun yang menghalangiku. Karena, begitulah umumnya yang dilakukan para lelaki di seluruh pelosok dunia.

CHORUS
If I were a boy
I think I could understand
How it feels to love a girl
I swear I'd be a better man
I'd listen to her
Cause I know how it hurts
When you lose the one you wanted
Cause he's taken you for granted
And everything you had got destroyed


Jika aku jadi lelaki, aku akan memilih menjadi seseorang yang tidak umum. Aku mungkin akan tetap bersenang-senang, tapi aku akan lebih memperhatikan perasaan pasanganku, karena dia pasti sudah mencurahkan segala perhatiannya untukku. Aku akan mengajarimu, bahwa menjadi lelaki, tidak harus tidak peduli pada perasaan perempuan. kau harus belajar bagaimana mencintainya, karena kau pasti akan menemukan keindahan di dalamnya. Kau akan belajar bagaimana tak menyiakan seseorang yang telah mencintaimu dengan sangat, karena kau harusnya tahu betapa sakitnya saat kau kehilangan segalanya setelah menyerahkan segalanya. Itulah yang dilakukan para perempuan. Peduli, memberi.

If I were a boy, I would turn off my phone
Tell everyone it's broken so they think that I was sleeping alone
I'd put myself first and make the rules as I go
Cause I know that she'd be faithful, waiting for me to come home
To come home


Jika aku jadi lelaki, tak kan kulakukan apapun yang biasa kau lakukan. Aku kan mematikan telepon saat sedang bersama pasanganku, agar tak ada yang mengganggu kualitas hubungan kami. Kalau ada yang tanya, kukatakan saja telponku mati, atau apapun, dan kubiarkan mereka menebak sendiri keadaanku. Karena aku tahu, pasanganku pasti dengan setia menungguku pulang. Kalau telfonku aktif, aku pasti akan pergi bersenang-senang lagi. Aku harus menghargai seseorang yang rela menungguku dengan penuh cinta.

It's a little too late for you to come back
Say it's just a mistake, think I'd forgive you like that
If you thought I would wait for you
You got it wrong


Setiap hari kau pulang terlambat, membiarkanku menunggu semalaman. Meski kau selalu punya alas an untuk keterlambatanmu, aku tak lagi bisa memaafkanmu, karena sudah setiap hari kau melakukannya. Aku tak lagi mau menunggumu seperti biasanya. Mulai saat ini, kau akan kubiarkan saja.

But you're just a boy
And you don't understand
 (yea, you don't understand, oh!)
How it feels to love a girl someday
You wish you were a better man


Karena kau hanyalah lelaki biasa, lelaki kebanyakan yang melakukan hal umum. Kau tak kan pernah bisa mengerti, kau tak kan pernah mau mengerti. Karena kau hanyalah lelaki biasa, meski selalu kau berharap menjadi lelaki yang lebih baik. Kau akan tahu rasanya, suatu saat, ketika kau benar-benar telah jatuh cinta.

You don't listen to her
You don't care how it hurts
Until you lose the one you wanted
Because you've taken her for granted
And everything you had got destroyed


Kau sering berandai menjadi lelaki yang lebih baik. Kau bisa melakukannya. Mulailah dengan mendengarkan pasanganmu. Apapun. Kegembiraannya, dukanya, keluh kesahnya, semuanya. Mulailah peduli betapa sakitnya diacuhkan oleh orang yang kau cintai, seperti ketika kau tak mendapatkan apa yagn sangat kau inginkan. Karena, para perempuan itu mungkin hanya akan diam saja, tapi hatinya remuk redam.

But you're just a boy

Tapi, kau hanyalah seorang lelaki biasa, lelaki kebanyakan, yang dikaruniai hati tak terlalu peka agar bisa bersenang-senang sepuasnya.

1 comment: