Pages

Lily - Alan Walker

Beberapa vidklip yang beredar menggunakan cuplikan film Maleficent 2 ya? Ada yang mengasumsikan lagu ini sebagai syairnya dajjal lah, illuminati lah😁. Tapi... Bukankah sudah jelas kalau lagu ini bisa diartikan sekedar dongeng belaka? Tentang Princess dan Monster, dan yang semacam itu. Sayangnya, aku gak ingin menfambil sudut pandang itu. Bagiku, lagu ini semacam gambaran psikologis anak perempuan yang hidupnya terkekang, tak boleh melakukan apa yang ia suka, tak boleh mengemukakan pendapat, tak boleh bersenang-senang sesuai umurnya. Syahdan, ketika menginjak masa remaja, di mana jiwanya labil, ia terpesona oleh betapa indah dan menyenangkannya dunia di luar jiwanya. Ia jadi larut, mencoba berbagai hal, seburuk apapun, karena tak ada yang mau repot mengenalkannya dengan keburukan dunia dengan dalih untuk melindunginya. Butuh proses yang lama hingga ia mampu berperang dengan hatinya. Namun pada akhirnya, ia kelelahan, dan mencoba mencari pertolongan untuk membawanya kembali dalam kondisi merasa 'terlindungi' karena dunia nyata ternyata tak seindah yang terlihat.
Apa pesan yang bisa diambil dari lagu ini? Bahwa sakit hati, kecewa, adalah hal yang setiap hari akan kita lalui. Kalau kita memilih selalu di zona aman tanpa melakukan apapun, maka sedikit kekecewaan pun bisa sangat mematikan.

Lily was a little girl
Afraid of the big, wide world
She grew up within her castle walls
Now and then she tried to run
And then on the night with the setting sun
She went in the woods away
So afraid, all alone

Perkenalkan, nama gadis kecil itu adalah Lily. Ia gadis kecil biasa, yang selayaknya gadis seusianya masih takut menghadapi dunia. Kehidupannya yang nyaman sejak lahir, membuatnya penasaran untuk melihat apa yang terjadi di luar zona nyamannya. Namun apa daya, ia terperangkap dalam jaring bersulam indah atas nama perlindungan. Ia pun berusaha sekuat tenaga untuk mencicipi dunia di sekitarnya. Ia lari, bersembunyi, tersesat di belantara. Sendirian, kesepian, ketakutan.

They warned her, don't go there
There's creatures who are hiding in the dark
Then something came creeping
It told her, don't you worry just

Orang-orang yang mengklaim bahwa mereka melindunginya, selalu memberi cerita-cerita menakutkan tentang makhluk menyeramkan di luar sana, yang bersembunyi di rerimbunan kegelapan. Mereka melarangnya mendekati tempat-tempat seperti itu. Hingga sesuatu bergerak merayap menemuinya, dan berkata bahwa ia tak perlu lagi khawatir untuk sekedar menuruti rasa ingin tahunya.

Follow everywhere I go
Top over the mountains or valley low
Give you everything you've been dreaming of
Just let me in, ooh
Everything you wantin' gonna be the magic story you've been told
And you'll be safe under my control
Just let me in, ooh
Just let me in, ooh

Makhluk itu mengajak Lily kemanapun ia pergi. Mendaki gunung, melewati lembah, menyusuri sungai-sungai indah. Segala hal yang ingi Lily lihat pastinya akan terlihat seperti kisah dongeng yang selama ini ia baca. Ia meyakinkan Lily bahwa bersamanya adalah yang teraman daripada sendirian.

She knew she was hypnotized
And walking on cold thin ice
Then it broke, and she awoke again
Then she ran faster than
Start screaming, is there someone out there?
Please help me
Come get me
Behind her, she can hear it say

Lily tahu bahwa ia sedang diperdaya. Ia seolah sedang berjalan di hamparan es yang tipis, dengan danau gelap dan dalam di bawah permukaannya. Was-was kapan akan retak dan menenggelamkannya. Saat benar retak, ia pun akhirnya tersadar akan bahaya yang ada di depannya. Ia berlari lebih kencang, berteriak, menggapai apapun untuk mendapatkan pertolongan.

No comments:

Post a Comment