Pages

You Don’t Know Me – Ariana Grande

Iya ya, ada kalanya kita hanya melihat seseorang itu dari tampilannya saja. Seseorang yang berjilbab, berarti seharusnya kalem dan religious. Padahal jilbab itu wajib, bukan pembentuk karakter. Seseorang yang berkacamata, kalau nggak pinter ya culun, padahal bisa jadi mereka penjelajah alam yang luar biasa petakilannya. Ah, memang. Menilai orang itu lebih gampang daripada menilai diri sendiri.

Center of attention once again
They don't understand
They don't understand
Then they try to tell me who I am
They don't understand
They don't understand

Aku menjadi pusat perhatian lagi, di sini, di tempatku berdiri. Akan tetapi, yang orang-orang itu lihat bukanlah diriku yang sesungguhnya. Aku adalah makhluk ciptaan. Mereka tak akan pernah mengerti apa yang kupikirkan dan kurasakan. Mereka mencoba menerka-nerka, mereka-reka, seperti apa diriku seharusnya. Tapi, mereka tak akan pernah mengerti diriku yang sesungguhnya.

You want a perfect picture to believe in
Then you can't be looking for me then


Jika yang kalian cari adalah figure yang sempurna, dengan sikap sempurna, penampilan sempurna dan kebaikan hati yang luar biasa, maka tak layak jika aku yang kalian jadikan pandangan.

I don't need to live by your rules, you don't control me
Until you've walked a mile in my shoes, you don't know me
And I know, I know, I know you don't like it
You don't, you don't, you don't know where I've been
It's my life so truth be told
(I see you thinking but there's just one thing clear
You think you know but you don't have no idea
Think you know me but there's more to see my love)

Karena aku adalah seseorang yang tak ingin kalian atur-atur. Kalian tak akan pernah mengerti rasaku. Yang kalian tahu, apa yang kalian pilih, itulah yang terbaik untukku. Andai kalian bersedia agak lama untuk berperan menjadi diriku, kalian pasti akan tahu rasaku. Aku tahu kalian tak akan pernah suka aku yang seperti ini. Bagi kalian, aku haruslah seperti boneka yang menurut saja jika kalian menyuruh apa. Tapi ini hidupku. Aku yang menjalani, aku yang merasakan. Jadi, meski kalian tak suka, mohon didengarkan. Kalian mungkin akan berfikir kalian tahu apa yang kumau. Tapi dengarlah, inilah yang kumau. Aku mau hidupku sendiri, tanpa dicampuri.

The same arguments time and time again
And you watched them all happen
But they don't understand
Thinkin' you're the reason that it ends
And he won't be back again
But they don't understand, no


Aku sudah muak dengan pendapat yang sama, lagi dan lagi. Demi kebaikanku lah, demi suksesku sendiri lah, demi nama baikku lah, dan sebagainya. Kalian pikir hanya itu yang penting untukku? Aku juga butuh hidupku, kemerdekaanku, kebahagiaanku. Malah, kau, orang yang kucintai yang mereka salahkan. Mereka menuduhmu yang telah mengubah kepribadianku. Padahal, inilah diriku yang sesungguhnya. Diriku yang butuh merdeka. Dan sekarang kau pergi. Apa lagi yang kumiliki?

The girl you see in photographs is only
A part of the one I am, don't judge me
'Cause that's not reality and all I can be
Is in love with who I'm becoming


Lihatlah, gadis cantik di gambar itu hanya sebagian dari diriku. Jangan melihatku sebagaimana kalian melihat gambar itu. Santun, kalem, tak banyak tingkah. Karena diriku yang sesungguhnya, adalah seseorang berjiwa merdeka, dan aku suka diriku apa adanya. Bukan diriku yang hasil rekayasa kamera.

1 comment:

  1. this song makes me learn how to trust on my own self and my dream

    ReplyDelete