Pages

Faded - Mariah Carey

Lagu Indonesia juga kalau tidak salah ada yang judulnya “Pudar” ya? Sepertinya sih bukan njiplak ide. Lagipula isinya tidak sama kok. Garis besar lagu ini bercerita tentang proses memudarnya seseorang dari hati, ketika sebuah kisah kasih telah diakhiri.

It was overcast that day
And I was feeling some kind of way
I pulled the covers up over my head
Tried reaching for you but that was then
I can't forget
My heart's hungover but ain't nothing different
I closed my eyes nothing but faded pictures of you, Of you


Kuibaratkan, hari itu sebagai sebuah hari yang mendung. Langit yang gelap sebagai payung. Semendung hatiku, segelap jiwaku, begitu kita memutuskan untuk mengakhiri semua ini. Aku galau. Tak bisa kupungkiri rasa ini masih ada. Tak mungkin aku merenggutmu begitu saja dari hatiku, setelah sekian lama kau bersemayam di dalamnya. Setiap malam menjelang, kutarik selimut hingga menutupi kepalaku, berharap bayanganmu akan lenyap jika pandanganku gelap. Tapi aku salah. Kau malah muncul dalam mimpiku, menggemakan bisikan cinta yang pernah kudengar setiap waktu. Namun, saat aku hendak menggapaimu, kau memudar, menghilang dari mimpiku, menyisakan kemasygulan yang tak bisa kujelaskan. Hatiku sakit tiap kali memikirkanmu. Inginnya kau lenyap saja dari hatiku.

Faded, baby, you're faded
Baby, you're faded, faded


Perlahan tapi pasti, doaku terkabulkan. Semakin hari, bayangan dirimu semakin memudar di mataku. Semakin kita tak pernah bertemu, semakin kau menghilang dari pikiranku.

You come, you go, you're just an echo
Whisper in my ear, but in the morning you're not here
So intangible, just like an echo


Namun hati tak bisa ditebak perubahannya. Kau yang pernah ada, kupikir akan selalu ada meski aku tak suka. Kadang kau masih datang, menggoda mimpi-mimpi malamku dengan kemunculanmu, meresahkan siangku dengan sapaanmu. Kusadari kau hanya ingin membina hubungan baik denganku, agar aku tak membencimu. Tapi hatiku sakit, karena hati ini berharap, kau masih kumiliki, namun hati ini juga menyadari, kau tak mungkin lagi kembali. Hanya gema suara yang kudapat darimu. Tubuhmu, tak akan pernah ada di sisiku.

Still try to pretend it's possible
To bring us back to life
Boy we continue to subside
Hanging on for life like on this rollescoaster ride
I call your name baby subconsciously
Always somewhere, but you're not there for me
Boy you, boy you, faded, baby, you're faded
Baby you're faded, faded


Tiap kali kau menyapa, sering kukhayalkan ada kemungkinan kita bisa kembali bersama. Tapi tidak, kau hanya menggodaku. Atau akunya saja yang ge-er dengan perhatianmu. Hatiku seperti rollercoaster menghadapimu. Kadang naik menukik, kadang turun menggelundung. Sakit. Kusebut namamu tiap kali kuingat dirimu. Tanpa sadar kulakukan itu, hanya untuk menyenangkan hatiku. Aku tahu kini kau tak akan pernah ada untukku. Mungkin saja sekarang kau telah ada yang memiliki. Aku harus mulai melupakanmu. Dan perlahan tapi pasti, ketika semua sapaanmu tak kutanggapi, bayangan tentang dirimu memudar dari hadapanku.

No comments:

Post a Comment