Pages

Wake Me Up – Avicii


Lagu tentang pencarian jati diri, khas anak muda, yang untungnya sadar dan minta dibangunkan dari kesalahan dalam usaha pencarian jati diri.

Feeling my way through the darkness
Guided by a beating heart
I can't tell where the journey will end
But I know where to start
They tell me I'm too young to understand
They say I'm caught up in a dream
Well life will pass me by if I don't open up my eyes
Well that's fine by me


Sombong tidak hanya dimiliki oleh orang yang berkecukupan dalam semua hal: harta, tampang, keturunan, pintar, mental sehat, dsb. Sombong juga dimiliki oleh orang yang serba berkekurangan, jika orang itu tak mencoba untuk mengubah nasibnya. Karena itu berarti, ia menantang nasib, menantang dirinya sendiri, sampai kapan kan sanggup menahan segala kekurangan itu. Usaha, meruntuhkan kesombongan. Aku, anak muda yang sombong. Kuangkuhkan hatiku bahwa aku tak perlu menjadi siapapun, tak perlu meniru siapapun. Aku adalah aku, seleraku, gayaku, ucapanku, tindakanku. Aku menyukai semua hal tentang diriku. Banyak yang bilang itu bagus untuk membangun mental yang kuat, tapi banyak pula yang mencibirku, karena keakuanku banyak yang tidak sesuai dengan tatanan hidup mereka. Aku tak tahu sampai kapan keakuanku ini akan bertahan, tapi aku masih ingat bagaimana aku memulainya.
Suatu hari, kurasakan hatiku berdegup kncang tiap kali kulihat gaya orang lain yang kusukai. Kutiru mereka-mereka yang membuatku berdebar-debar. Satu persatu kucoba, untuk menemukan yang menurutku paling keren, paling pas, dan paling nyaman. Lihatlah aku sekarang. Hobiku begadang, main gitar dan nyanyi-nyanyi di gang. Pakaianku bau, rambutku bau. Gigiku kuning karena rokok, kopi dan minuman. Kulitku lusuh karena terkena air pun jarang. Mereka bilang: hai anak punk, kalau jiwamu tak murni, kau sama saja dengan gembel dan gelandangan.
Lihatlah aku sekarang, tubuhku kekar, penuh tato warna-warni, pakaian berpayet besi, berbahan kulit, semua serba keras yang menghiasi. Mereka bilang: kalau kau tak menghiasi kegagahanmu dengan kebaikan, tatomu dan semua atributmu tak kan pernah menolongmu saat kau kecelakaan. Kau tak mungkin tiba-tiba sakti dengan tampil sangar.
Lihatlah aku sekarang. Aku cantik jelita. Mataku berbulu anti badai. Pipiku merah merona. Bibirku kemilau segar. Tubuhku berbalut rok mini dan semua yang serba seksi. Aku orang kaya. Siang ku bekerja, malam hura-hura. Suka-suka aku dong, tubuhku sendiri, uangku sendiri, mau kuapakan. Suka-suka aku dong, mobilku sendiri, mau ngebut atau tidak. Mereka bilang: penampilanmu dengan gaya urakan seperti itu, tak ubahnya seperti p***cur jalanan. Apalagi kalau keluarnya tengah malam, pulang pagi. Pas banget.
Aku, aku, aku tak peduli. Inilah diriku. Inilah tubuhku. Jangan campuri kehidupan kami. Urus saja hidup kalian sendiri. Mereka bilang: yang kalian jalani sekarang hanyalah mimpi. Sesaat kan menghilang. Minuman yang kalian tenggak tak kan mampu menyembuhkan hati yang sepi. Dansa di lantai disko, hanya sebentar saja, setelahnya, kalian harus tetap menjalani realita. Hidup ini singkat, dan sudah banyak waktu yang terbuang percuma.

(2x)
So wake me up when it's all over
When I'm wiser and I'm older
All this time I was finding myself
And I didn't know I was lost


Aku pun sebenarnya sadar, bahwa yang kulakukan ini salah. Kami hanya terseret komunitas, supaya dianggap keren, diperhitungkan untuk masuk kalangan. Berlomba-lomba pamer berlian sambil minum anggur mahal, sama saja dengan gelandangan yang pamer kelusuhan, hanya untuk menyamai dunia yang ingin mereka tinggali. Hanya untuk dinilai pantas oleh orang lain. Pekerjaan sia-sia, karena setelah sendirian, aku tahu yang kulakukan baru saja sebenarnya sangat tidak pantas. Aku hanya sedang mencari seperti apa diriku ini. Diriku yang kusukai, bukan yang dituntut oleh mereka-mereka yang sukanya menilai. Jadi, kalau ada yang punya solusi untuk kegalauanku ini, mohon sampaikan padaku.

I tried carrying the weight of the world
But I only have two hands
I hope I get the chance to travel the world
And I don't have any plans
I wish that I could stay forever this young
Not afraid to close my eyes
Life's a game made for everyone
And love is a prize


Kucoba mengubah cara. Kubaktikan seluruh energiku untuk dunia, untuk orang lain. Keluargaku jadi terabaikan, diriku sendiri jadi terabaikan. Mereka bilang: yang akan menolongmu saat kau sakit dan terluka adalah orang-orang terdekatmu, sayangilah mereka. Aku tak sanggup menaggung semuanya. Tolong aku. Kemampuanku terbatas. Aku tak punya rencana untuk menyeimbangkan kewajiban dan bersenang-senang. Tolong aku. Berikanlah seluruh kasih didunia ini, izinkan aku mengecapnya, agar jiwaku pulih, agar aku tak lagi hanya bermimpi.

(2x)
So wake me up when it's all over
When I'm wiser and I'm older
All this time I was finding myself
And I didn't know I was lost


Aku tak mau menunggu sampai aku bisa menjadi lebih bijak, karena itu berarti aku semakin tua. Aku tak kan selamanya muda dan bersenang-senang kan? Aku tahu aku tak butuh semua atribut palsu itu. Aku tahu aku harus memilih. Semua minuman dan obat haram ini, penampilan yang keterlaluan ini, harus kutinggalkan. Mereka bilang: kau bukanlah orang panggung, yang dituntut bertampang aneh dan berlebihan.

I didn't know I was lost
I didn't know I was lost
I didn't know I was lost
I didn't know I was lost


Aku tahu dulu aku menempuh jalan yang salah, dan harus kuperbaiki mulai sekarang. Aku ingin tampil ala aku sendiri, tanpa embel-embel dan pencitraan.

3 comments: