Pages

Everything You Want – Vertical Horizon

Bahasanya kaya puisi. Di baca bolak-balik dari awal sampai akhir pun tetep mbingungi. Kira-kira apa ya cerita dibalik lagu ini? Tak coba aja lah. Semoga hasilnya bagus dan pas.

Somewhere there's speaking, it's already coming in
Oh and it's rising in the back of your mind
You never could get it unless you were fed it
Now you're here, and you don't know why

Ada sebuah dongeng. Dongeng tentang keserakahan, cinta dan pengorbanan. Dongeng yang sama yang kau dengar dan baca hampir setiap hari, sejak dulu hingga kini. Dongeng yang kau pikir bisa jadi nyata. Dongeng yang mempengaruhi hatimu, merasuk ke sukmamu, hingga kau merasa kaulah tokoh di dalamnya. Sadarlah, Teman, hidup tidak seperti dunia dongeng. Kau harus menghadapinya atau kau akan terpuruk dalam dunia mimpimu. Kalau kau ingin masuk dalam dunia seperti dalam dongeng, maka kau harus mengubah banyak hal dalam hidupmu. Temukanlah tujuan hidupmu sekarang.

But under skinned knees and the skid marks
Past the places where you used to learn
You howl and listen, listen and wait for
The echoes of angels who won't return


Hidup ini sebenarnya mudah, Kawan. Asal kau bersedia dengan keikhlasan hati menjalaninya. Memohonlah, berdoalah kepada yang Maha Memberi. Telusurilah hal-hal yang telah kau lakukan. Ingat-ingat lagi apa yang sudah kau dapatkan, bukan yang belum kau peroleh. Pikirkan lagi bagaimana tubuhmu bekerja secara otomatis, bagaimana nafas yang kau hirup setiap hari tak ada habisnya. Kau hanya perlu menyerukan keagungan namaNya, menjalani hidupmu, menunggu takdir membawamu, mendengarkan segala kebenaran di sekitarmu, dan menjalani dongengmu sendiri.

He's everything you want, he's everything you need
He's everything inside of you that you wish you could be
He says all the right things at exactly the right time
But he means nothing to you, and you don't know why


Saat pikiranmu sekalut ini, saat kau sakit hati pada hidup yang kau jalani, hanya Dia-lah yang mampu menolongmu. Kembalilah padaNya. Dialah Dzat yang mengalirkan sifat-sifat kemakhlukan kepadamu, yang kasihnya tak terbatas dan patut ditiru, meski kita tak kan mampu. Dia-lah yang memberi pada saat kau butuhkan, bukan saat kau inginkan. Dia tahu segalanya tentangmu. Tetap memberimu hidup dengan kasihNya meski kau mengabaikanNya, menjauhiNya. Kenapa?
 
You're waiting for someone to put you together
You're waiting for someone to push you away
There's always another wound to discover
There's always something more you wish he'd say

Kalau kau mengandalkan manusia untuk merangkai dongeng indahmu, kau hanya akan lebih sering terluka. Karena manusia-manusia itu sama saja sepertimu, yang dipenuhi nafsu. Kau meninggalkan Tuhanmu, tapi kau selalu berharap Tuhanmu membantumu mempermudah urusanmu. Bukankah itu lucu?

But you'll just sit tight and watch it unwind
It's only what you're asking for
And you'll be just fine with all of your time
It's only what you're waiting for


Kau hanya ingin tahunya semua bisa beres dengan sendirinya tanpa penderitaan. Dan kau berharap segalanya sesuai yang kau inginkan. Seperti di negeri dongeng, yang ceritanya mudah ditebak, berakhir manis untuk tokoh utama, buruk untuk penjahatnya. Tapi hidup tak sesederhana itu, Kawan. Meski mudah dijalani, kita tak bisa memilih akan jadi tokoh utama atau sekedar pemeran pembantu.

Out of the island and into the highway
Past the places where you might have turned
You never did notice, but you still hide away
Anger of angels who won't return

Karenanya, berhentilah berangan-angan belaka. Hadapi hidupmu, perbaiki kesalahanmu. Kau tidak akan jadi apa-apa jika hanya diam dan berkhayal. Kau mungkin sudah melakukan banyak hal hebat di khayalanmu, tapi hidupmu tetap berjalan tanpa hal-hal hebat itu jika tak kau wujudkan di dunia nyata. Dan itu akan membuatmu semakin terpuruk, rendah diri dan menderita.

I am everything you want, I am everything you need
I am everything inside of you that you wish you could be
I say all the right things at exactly the right time
But I mean nothing to you, and I don't know why


Ingatlah bahwa selalu ada Tuhan yang mengawasimu, yang akan memberikan banyak hal yang kau butuhkan, bukan yang kau inginkan. Jangan lagi kau tinggalkan, dekatilah Ia, maka Ia akan semakin mendekat padamu.

And I don't know why
Why, why
I don't know


Aku sendiri tak tahu mengapa Tuhan masih penuh kasih pada umat manusia. Mengapa tak dihancurkan saja mereka-mereka yang durhaka? Mungkin, dengan begitu, akan jadi pembelajaran untuk semuanya.

2 comments: