Pages

Broken Angel - Boyce Avenue

Bait pertama kupikir lagu ini tentang seseorang yang mencintai dengan diam-diam, cinta yang tulus yang rela cintanya bahagia dengan orang lain, dan tidak rela jika ia disakiti pasangannya. Ternyata aku salah. Lagu ini memang tentang hubungan segi tiga, tapi bukan sebagai kekasih, melainkan seorang pemuda yang tinggal bertetangga dengan gadis yang disayanginya, yang sedang berjuang mendapatkan kasih sayang dari ayahnya. Kita simak aja yuk….
You showed him all the best of you
But I'm afraid your best
Wasn't good enough
And know he never wanted you

Kau berdandan cantik hari itu. Aku saja sampai terkesima melihatmu. Kau mengetuk pintu rumah di depan rumahku. Aku tahu dari bahasa tubuhmu bahwa kau ragu. Sorot matamu yang memandangi pintu dengan penuh harap, membuatku penasaran siapakah dirimu.
Lelaki itu keluar. Aku sudah melihatnya tinggal di sana bertahun-tahun, tapi aku tak benar-benar mengenalnya. Kernyitan di dahinya memberi petunjuk padaku bahwa dia tidak mengenalmu. Lalu kulihat, dia sepertinya membentakmu, menuding-nuding dirimu, dan menutup pintu meninggalkanmu termangu. Dia sama sekali tidak terkesima dengan pesonamu. Aku jadi ingin tahu, siapakah dirimu.
Lama setelah kejadian hari itu, aku melihatmu sudah tinggal di sana, dan kau memperkenalkan dirimu sebagai anak dari lelaki itu. Aku tidak ingin tanya bagaimana ceritanya, kecuali kau mau bercerita sendiri padaku. Kita jadi dekat akhir-akhir ini, tapi kau tetap tidak mau berbagi alasan mengapa matamu selalu berkaca-kaca tiap kali berpapasan dengan ayahmu. Dia juga selalu menghindarimu, seolah kau ini lalat yang harus selalu disingkirkan. Aku tahu dia mendengarmu saat kau memanggil namanya, tapi dia tak menggubrismu. Dan selama itu, kau hanya menerimanya begitu saja.
At least not the way
You wanted yourself to be loved
And you feel like you were a mistake
He's not worth all those tears that won't go away

Kau selalu baik padanya meski dia mengacuhkanmu. Kau tetap menyapanya, memanggilnya ayah meski dia berulang kali melarangmu begitu, bahkan memukulimu. Kau memasak untuknya,meski kemudian ia lemparkan ke keranjang sampah di belakang rumah, dan kau hanya menangis dari jendela. Kau terus berusaha membuatnya merasa nyaman meski tak digubris bahkan dikasari. Kau perempuan baik, kenapa tak pergi saja dari situ?
I wish you could see that
Still you try to impress him
But he never will listen

Kulihat kau tahu bahwa dia sengaja melakukannya untuk membuatmu terluka dan menyingkir dari hidupnya. Tapi kau bertahan. Kau terus mencoba membuatnya menyadari kehadiranmu, dalam arti positif, mengakuimu sebagai putrinya dan berbuat baik padamu.
Oh broken angel
Were you sad when he crushed all your dreams
Oh broken angel
Inside you're dying 'cause you can't believe

Sayangku (entah mengapa aku tiba-tiba menyayangimu), bukankah kau terluka tiap hari karenanya? Bukankah dia selalu mengikis harapanmu? Aku tahu kau hanya pura-pura kuat karena kau yakin sosok ayah yang diceritakan padamu tidak sekejam itu. Kau bertahan mempercayai kebaikannya akan muncul suatu saat nanti. Tapi, aku juga tahu kau merana dalam hati karena kenyataan yang kau hadapi tak seperti yang kau yakini.
And now you've grown up
With this notion that you were to blame
And you seem so strong sometimes
But I know that you still feel the same
As that little girl who shined like an angel
Even after his lazy heart put you through hell

Aku melihatmu setiap hari, menyaksikan kau tumbuh semakin dewasa, semakin bertambah cantik dan matang menghadapi dunia. Ayahmu semakin terpuruk sepertinya. Ia sering kulihat pulang ke rumah dalam keadaan mabuk, atau membawa perempuan-perempuan yang tawanya memuakkan. Kau akan menyingkir ke rumahku jika ia mulai kasar padamu. Kau tetap tersenyum, meski aku tahu kau terluka. Berkali-kali kau bilang bahwa ayahmu jadi pemabuk setelah ada dirimu di rumah itu. Aku selalu meyakinkanmu, tidak, Sayangku, bukan salahmu kalau ayahmu menghancurkan dirinya sendiri. Kau tetap tersenyum dan menanamkan sendiri di otakmu bahwa pasti ada sesuatu yang mendasari kebencian ayahmu padamu, dan kau tidak berani menanyakannya, dan ayahmu pun tak mau repot-repot menjelaskan padamu. Aku tidak bisa memperbaiki hal itu, Sayangku. Aku hanya bisa menghiburmu.
He would leave you alone
And leave you so cold
When you were his daughter
But the blood in your veins
As you carry his name
Turns thinner than water
You're just a broken angel

Aku melihat kau bekerja setiap hari, membeli makanan seadanya, berpakaian sekedarnya. Saat kau kecil  dulu, kau tak pernah membawa uang saku atau bekal ke sekolah. Kau mencuci bajumu sendiri, memasak sendiri, semua kau kerjakan sendiri. Bertahun-tahun, tak sekalipun ayahmu mengajakmu mengobrol. Hanya makian yang ia keluarkan jika ingin bersuara di hadapanmu. Kau pasti sedih sekali. Tapi kau kuat, karena bagaimanapun, hanya dia keluargamu.
And I promise that it's not your fault
It was never your fault
And I promise that it's not your fault
It was never your fault...

Bukan salahmu lahir ke dunia ini. Bukan salahmu kehilangan ibumu dan harus mengemis pada ayahmu. Bukan salahmu pula kalau kau malah menyayangi lelaki kasar itu. Kau tidak bisa memilih takdirmu. Jadi, jalani saja, bersabarlah sampai sinar kebahagiaan menyambutmu. Setidaknya, kau tidak sendirian di dunia ini.

2 comments:

  1. Bukannya seorang gadis yang berusaha mendapat Kasih sayang Ayahnya? Ga ad kaitanya dg cinta segitiga kayaknya? Di VC nya udh jelas, kalo si Ayah ga ngarepin si gadis.

    ReplyDelete