Pages

50 Ways to Say Goodbye – Train

Harusnya sih lagu ini tentang kemarahan dan kesedihan seseorang yang ditinggal kekasihnya. Tapi malah jadi kocak deh. Senyum-senyum sendiri bacanya. Liriknya asyik banget. Cekidot ya….

My heart is paralyzed
My head was over sized
I'll take the highroad like I should!
You said it's meant to be,
That it's not you, it's me
You're leaving now for my own good
That's cool, but if my friends ask where you are
I'm gonna say

Aku terkejut. Kau tiba-tiba mengungkapkan bahwa hubungan kita harus berakhir. Kau tidak tahan lagi menanggung rasa itu, kau berniat meninggalkanku. Mendengar hal itu, seolah ada godam besar yang menghantam kepalaku. Sakit berdenyut-denyut. Jantungku seakan berhenti berdetak, seluruh indraku mati rasa. Ketika kutanyakan alasanmu, kau hanya menjawab bahwa ini sudah takdir. Ia harus melakukan ini demi kebaikanku. Whattt??? Kebaikan apanya dari rasa patah hati? Kau bilang kau harus pergi jauh, dan hubungan jarak jauh akan sangat merepotkan bagiku, jadi kau memutuskan sendiri untuk mengakhiri cinta kita. Harusnya aku menentangmu. Tapi, entah mengapa aku menerima alasanmu. Aku lebih memilih untuk tak berdebat denganmu, karena aku tahu aku pasti akan kalah omongan. Aku terima perpisahan kita. Heh?! Lha terus, nanti kalau aku kongkow-kongkow dengan teman-teman kita, terus aku tak membawamu seperti biasanya, dan mereka menanyakanmu, aku harus bilang apa? Masak aku harus ngaku kalau diputusin, gengsi lah yau. Mmm… enaknya nanti kujawab aja kalau….

She went down in airplane...
Fried getting suntanned
Fell in a cement mixer full of quick sand
Help me, help me, I'm no good at goodbye
She met a shark on the water
Fell and no one caught her
I returned everything I ever bought her
Help me, help me, I'm all out of lies
And ways to say you died!

Kau sedang bepergian, pesawatmu jatuh. Ah, tidak. Terlalu mengada-ada. Oh, kau sedang berlibur ke daerah tropis, mandi matahari di pantai, trus kesenangan sampai kulitmu terbakar hebat dan gosong dan kau harus opname. Kalau teman-teman pengen nengok gimana? Ganti aja deh. Kubilang aja kau jatuh ke mesin molen dan mati teraduk di dalamnya. Ih, gak banget deh. Sejak kapan kau suka keluyuran di proyek bangunan? Trus apa dong? Biarin aja dulu lah. Hmhhh… susah sekali bilang sudah putus. Kadung dibilang pasangan teladan sih, jadi percontohan teman-teman katanya. Apa ya? Apa kubilang aja kau tercebur ke laut, tak ada yang menolongmu dank au dimakan hiu. Sadis amat. Ahhhh… pusing deh.
Semua pernik-pernik yang pernah kau berikan padaku kukumpulkan dan kukembalikan padamu. Aku tak sudi mengingatmu dan jadi mellow gara-gara melihat barang-barang itu. Kau melongo saat menerimanya. Lebih melongo lagi saat kau kusodori daftar barang yang harus kau kembalikan padaku. Aku menarik kembali semua pemberianku. Kau pasti menganggapku aneh. Tapi aku berkilah kalau ini demi kebaikanmu. Ternyata aku tak pandai berdusta. Kau menertawai alasanku, dan menertai rencana jawabanku ke teman-teman. Tak urung, kau hanya mengiyakan saja semuanya dan mengembalikan barang-barang itu padaku, lalu meninggalkanku. Pergi jauh sekali.


My pride still feels the sting
You were my everything
Someday I'll find a love like yours
 (A love like yours)
She'll think I'm super man
Not super mini van
How could you leave on Yom Kippur?
That's cool, but if my friends ask where you are
I'm gonna say

Harga diriku tak terima kau tinggalkan begitu saja. Kau tahu bahwa kau adalah segalanya bagiku. Bagaimana mungkin kau meninggalkanku dengan segala rutinitas yang kita lewati bersama setiap hari? Aku mencintaimu, begitupun dirimu yang sangat mencintaiku. Aku akan kesepian, sendirian dan kagok menjalani hidup karena biasanya apa-apa kita bersama. Tapi kukuatkan hati saat mengantar kepergianmu. Kubilang aku baik-baik saja , pasti aku akan langsung menemukan orang yang bisa mencintaiku seperti dirimu lagi. Kau menatapku dan tersenyum, menepuk-nepuk pundakku dan berkata bahwa aku seperti superman, yang hatinya seluas dunia. Bukan super mini van yang mudah sesak jika dijejali manusia. Lalu kau memelukku, bersiap memasuki pesawatmu. Kau bilang tadi mau kemana? Yom Kippur? Tempat apa itu? Di belahan bumi bagian mana? Namanya saja sama sekali baru kudengar? Memang ada apa sih di sana sampai kau bersemangat sekali jadi relawan. Keren sih, tapi kenapa harus dirimu? Gak ada orang lain lagi apa. Kau hanya tersenyum tanpa menanggapi rasa penasaranku. Ah, kau pasti hanya asal sebut nama tempat agar aku tak menyusulmu. Iya kan? Kaulihat kau meninggalkanku, tanpa menoleh lagi sekalipun. Hatiku remuk. Setelah ini aku ada janji dengan teman-teman kita. Aku harus ngarang alas an lagi supaya mereka tak menyalahkanku karena tak mencegahmu.

She was caught in a mudslide
Eaten by a lion
Got run over by a crappy purple Scion
Help me, help me, I'm no good at goodbye
She got lost in the desert
Drowned in a hot tub
Danced to death in an east side night club
Help me, help me, I'm all out of lies
And ways to say you died!

Ingin kukatakan kau sudah mati, supaya tidak berbuntut panjang. Kubilang saja kau terjebak di longsoran lumpur, misalnya. Atau diterkam singa, atau terlindas truk. Atau… apa sih… bantu dong… susah amat nyari alas an matiin orang. Apa kubilang aja kalau ia tersesat dipadang pasir? Atau tenggelam di bak mandi berair panas? Atau mati karena kelelahan berjoget semalam suntuk di kafe kelab malam sebelah timur itu? Atau… aku hanya bisa ngarang tanpa kuungkapkan. Karena aku tahu itu hanyalah refleksi kemarahanku kepadamu.

I wanna live a thousand lives with you
I wanna be the one you're dying to love
But you don't want to
That's cool, but if my friends ask where you are
I'm gonna say
That's cool, but if my friends ask where you are
I'm gonna say

Kau kan tahu bagaimana perasaanku. Kita sudah merajut mimpi untuk hidup bersama selamanya, membesarkan dan mendidik anak-anak kita. Tapi ternyata kau mengabaikan semua mimpi itu. Kau lebih berat pada pekerjaanmu. Aku sakit hati. Egoku terluka. Inginnya hanya aku yang terpenting dalam hidupmu. Tapi ternyata aku salah, karena kau pergi meninggalkanku, dengan alasan tugas mulia itu. Eh, jangan-jangan, kau itu agen rahasia Negara ya? Kau takut aku dibunuh kalau berhubungan denganmu ya? Persetanlah. Yang jelas kau tidak memilih untuk bersamaku. Sudah kulihat wajah teman-temanku. Aku sudah siap menjawab mereka jika mereka menanyakanmu.

4 comments:

  1. kok dibikin muter muter ya.... kreatif

    ReplyDelete
  2. Dilema cowok luar gara2 gengsi gini banget wkwk

    ReplyDelete
  3. Lebih gampang mencerna makna lagunya dgn interpretasi ini. Goodjob

    ReplyDelete