Pages

Night Changes - One Direction

Padahal One Direction ini idola para remaja ya. Sayang lagunya mengajak ke hal-hal yang kebaratan. Bukan salah mereka sih, mereka kan memang budayanya begitu. Tak mengapa lah, asal kita hanya menyanyi, tidak meniru apa yang ada dalam lagu, berarti kita sudah menyaring keburukan dalam kebaikan.

Going out tonight, changes into something red
Her mother doesn’t like that kind of dress
Everything she never had
She’s showing off
Driving too fast, moon is breaking through her hair
She said it was something that she won’t forget
Having no regrets is all that she really wants

Dia (pr) berencana untuk keluar bersenang –senang malam ini. Ia berdandan cantik, mengenakan gaun merah yang berani. Ibunya sudah menegurnya agar tak mengenakan gaun yang terlalu seksi, tapi tak digubris sama sekali. Ia hanya ingin merasakan kebebasan, menikmati dunia malam. Usianya sudah cukup untuk semua itu. Ia hanya ingin melakukan apapun yang ia mau. Hendak menunjukkan ke seluruh dunia, ia menyetir mobil sesukanya. Ngebut di jalan raya dengan perasaan bangga. Sinar bulan yang pecak di puncak kepalanya membuatnya terlihat semakin cantik dan bersinar. Ia sudah menunggu saat ini sejak lama. Ia tak ingin setelah ini menanggung penyesalan yang sia-sia. Malam ini adalah kencan pertamanya.

We're only getting older baby
And I’ve been thinking about you lately
Does it ever drive you crazy
Just how fast the night changes
Everything that you’ve ever dreamed of
Disappearing when you wake up
But there’s nothing to be afraid of
Even when the night changes
It will never change me and you


Sang lelaki menyemangati sekaligus menenangkan hatinya dengan mengatakan beginilah proses untuk dewasa. Ia mengatakan bahwa pikirannya terus memikirkan gadis itu dan itu membuatnya hampir gila. Maka ia memutuskan untuk mengajaknya. Ia akan menunjukkan kepada gadis itu, betapa dunia malam sangat menyenangkan. Malam berganti, tapi semua kesan tak pernah sama. Semua hal yang diimpikan para remaja ada di sana. Dan semua kesenangan itu akan berakhir saat pagi tiba. Jadi, lelaki itu pun mulai membujuk, agar sang gadis tak perlu khawatir. Meski malam berganti, hubungan mereka tak akan pernah membosankan. Meski malam berganti, mereka tak akan berubah menjadi orang lain saat datangnya pagi.

Chasing her tonight, doubts are running ‘round her head
He’s waiting, hides behind his cigarette
Heart is beating loud, she doesn’t want it to stop
Moving too fast, moon is lighting up her skin
She’s falling, doesn’t even know it yet
Having no regrets is all that she really wants


Lelaki itu telah menunggu lama untuk menjemput kekasihnya. Ini juga kencan pertamanya. Diterima oleh orang yang ia suka sungguh menggetarkan dada. Antara bingung dan bahagia, ia menyembunyikan groginya di balik asap rokoknya. Mungkin kencan ini terlalu cepat, pikirnya. Mereka baru saja berkenalan. Akan tetapi, sinar bulan yang membuat gadis itu makin cantik, membuatnya makin terpikat. Gadis itu juga langsung jatuh cinta padanya meski tak terlalu mengenal dirinya. Satu-satunya harapan adalah, bahwa mereka tak menyesal setelahnya.

Going out tonight, changes into something red
Her mother doesn’t like that kind of dress
Reminds her of the missing piece of innocence she lost

Pergi berkencan, dengan gaun merah terbuka, mengingatkan dirinya bahwa ada keluguan yang kini terbuang seiring perkembangan usianya.

It will never change, baby
It will never change, baby
It will never change me and you


Meski begitu, meski keinginan bersenang-senang itu sungguh menggebu, tapi tak akan mengubah segalanya. Kebaikan hati akan tetap ada, menjaga diri akan selalu ada.

24 comments:

  1. Naila tolong terjemahin lagunya the band perry yg better dig two. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. oh jadi gitu toh artinyaa..
    padahal lagunya enak bgt :(.
    boleh interpretasiin lagunya ed sheraan yang cold coffee ?

    ReplyDelete
  3. kak naila pengen diterjemahin Adele - Chasing Pavements sama Taylor - Last Kiss dong yaaaa :)

    ReplyDelete
  4. jadi maksud lagu nya itu apa ya? masih belum paham loh

    ReplyDelete
  5. keren translatornya ... jadi ngerti artinya itu.. terima kasih

    ReplyDelete
  6. oh gitu ya artinya, penasaran soalnya lirik lagunya dan musiknya itu kayak sedih gitu, dan maksudnya apa?

    ReplyDelete
  7. Ngawur bgt interpretasinyaaa

    ReplyDelete
  8. Salah memaknai lagunya nih

    ReplyDelete
  9. Memang sih liriknya bisa membuat kita berfikiran negatif, tapi menurut sya nggak kayak gitu maksudnya, coba deh dilihat video clipnya dlu

    ReplyDelete
  10. Kok saya kurang setuju yaa sama artinyaa. Klo menurut saya lagu ini bukan ttg dunia malam. Lebih ke cinta pertama seorang perempuan.. kencan pertamanya gtuu. Kan klo diliat video clip nya juga gituu. Hehe ini pendapat saya aja sih..

    ReplyDelete
  11. Makna lagu itu ttg kehilangan keperawanan..ironisnya hal itu dianggap wajar seiring mereka beranjak dewasa..dan keperawanan bkn hal yg penting lagi kok krna apapun yg terjadi ga akan mengubah hubungan mereka berdua..inti lagu ini sbnrnya ada di bait2 akhirnya "missing piece of innocence" dan "it will never change me and you"..makanya music lagu ini dibuat sedih karena sbnrnya menceritakan ironi.

    ReplyDelete
  12. Apa iya? Soalnya video clipnya enggak gitu deh... Kaya pergi bareng aja. Menurut aku ini pengartiannya terlalu berlebihan hehehe.
    Sorry just a comment

    ReplyDelete
  13. brawis yuwana : gak gitu juga artinyaaa, kalo mau nerjemahin arti lagu juga harus liat videonya, jangan asal ngomong ajaa, iyaa sih pendapat anda, tapi pendapat anda bisa mempengaruhi orang lain, dan asal tau aja lagunya 1D itu tidak pernah mengandung unsur seronok ataupun senonoh. Terima kasih

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Ih keren loh translatenya. Thx: )
    misi ya gan numpang nitip link
    http://www.iampromise.win/
    iam promise

    ReplyDelete
  16. Makasihh kak membantu banget buat tugas interpret listening 😂

    ReplyDelete
  17. Iya emang lagu one direction mengarah ke seks. Itu nggak bisa dipungkiri. Seks bukan sesuatu yg tabu di barat sana. Coba liat, last first kiss no control she is not afraid dll. Wajar aja sih. Kan mereka beda budaya sm kita

    ReplyDelete
  18. Bener kata yang punya blog, sekedar nyanyi doang kg apa, yg ptg ga terbawa lirik lagu. Cz budaya disana beda bgt sm kita

    ReplyDelete