Pages

Sweater Weather - The Neighbourhood

Agak susah dimengerti sih, karena lagu ini tak bercerita kalau dibaca sekilas. Belum pernah nonton vidklipnya. Jadi, kukira-kira saja ya. Sweater weather, kuartikan sebagai jaket segala musim. Bisa jadi memang jaket bentuk jaket, dalam artian sebuah pakaian, bisa jadi juga jaket yang dimaksud di sini adalah hati manusia, yang menyamankan, apapun suhu peristiwa di dunia. Pilih mana? Kupakai keduanya saja.

All I am is a man
I want the world in my hands
I hate the beach
But I stand in California
With my toes in the sand


Aku adalah seorang pria. Tulen, bukan campuran. Aku lebih suka berpikir praktis, tidak bertele-tele, tidak lebay. Kalau kubilang aku benci pantai, bukan berarti aku tak mau berada di pantai kan? Yah, di sinilah aku sekarang. Di sebuah pantai yang kata orang indah, di California. Berdiri memandang hamparan air kebiruan, membenamkan kaki di pasir yang hangat. Bukan sentimental suasana yang kunikmati di sini. Tapi, karena ada dirimu di sini.

Use the sleeves of my sweater
Let's have an adventure
Head in the clouds but my gravity's centered
Touch my neck and I'll touch yours
You in those little high waisted shorts, oh


Kukenakan jaket yang kau belikan untukku, kemana-mana. Jaket itu menghangatkanku saat hawa dingin, dan menyejukkanku saat aku tersengat matahari. Unik kan? Kau memang pintar memilih pakaian. Dan kita memakainya kembaran, kemana-mana, berdua, bersama. Aku mugnkin hanya mengajakmu dalam khayalku, karena aku sebenarnya sedang berpetualang, sendirian. Membayangkan kau ada di sini seperti dulu, saling menggoda dan saling merayu. Kau kenakan pakaian terseksimu. Oh, aku suka itu. Dan kita berdua tahu kelanjutan kisah itu.

She knows what I think about
And what I think about
One love, two mouths
One love, one house
No shirt, no blouse
Just us, you'll find out
Nothing that we don't wanna talk about, no


Maafkan, aku tak bisa mengajakmu bertualang. Kubawa saja jaket ini ke mana-mana, sebagai perwakilan dirimu, yang bisa kupeluk dan memelukku, yang bisa kuhirup aromanya sepuasku. Kau tahu pasti kan apa yang kupikirkan tentang kita? Sebuah masa depan. Masa depan yang sedang  kuperjuangkan di sini, sekarang. Masa depan kita, saat kita menikah nanti, kita akan berbagi rumah (yang berarti harus beli), aku akan mulai menghidupimu dengan layak. Sudah tentu begitu. Dan kita akan melakukan banyak hal menyenangkan di rumah kita. Kelak, kita akan membicarakan semuanya, tentang masa depan kita, dan mungkin anak-anak kita.

IV
'Cause it's too cold
For you here and now
So let me hold
Both your hands in the holes of my sweater


Karena, rasanya pasti akan sangat berat kalau kau ikut aku di sini. Aku ini pekerja rendahan, pekerja serabutan. Bagiku, sudah cukup aku tahu kabarmu, sudah cukup kau menemaniku, lewat jaket itu. Karena jaket itu adalah jaket segala musim, yang kau isi dengan seluruh hatimu. Yang mengipasiku saat kepanasan, dan memelukku saat kedinginan.

And if I may just take your breath away
I don't mind if it's not much to say
Sometimes the silence guides our minds to
Move to a place so far away


Andai mungkin kuajak kau ke sini, ke tempat sederhana ini, ingin kulakukan banyak hal gila bersamamu. Aku akan merayumu, aku akan menggodamu, aku akan menyentuh semuanya, semauku, dan kita berdua tahu kelanjutan kisah itu.

The goose bumps start to raise
The minute that my left hand meets your waist
And then I watch your face
Put my finger on your tongue
'Cause you love the taste yeah

Hatiku hangat membayangkan kau berada di sini. Tubuhku hangat membayangkan mendekapmu di sini. Kupandangi fotomu, kubelai dengan lembut. Kau selalu tersenyum di foto itu. Aku suka. Kubayangkan semua yang pernah kusentuh darimu. Oh, aku merindukanmu.

These hearts adore
Everyone the other beats hardest for
Inside this place is warm
Outside it starts to pour


Kau membuatku jatuh cinta setengah mati. Kau membuatku memujamu. Karena kau istimewa. Hatimu kuat dan hangat.kau terus memberiku semangat saat badai kehidupan melandaku berulang kali. Rasanya hangat mengenakan jaket ini. Jaket cinta yang kau beri. Meski di luar hujan, aku tak kedinginan.

Coming down
One love, two mouths
One love, one house
No shirt, no blouse
Just us, you find out
Nothing that I wouldn't wanna tell you about, no, no, no


Back to IV (2x)

Whoa, whoa...
Whoa, whoa, whoa...
Whoa, whoa, whoa...
Whoa, whoa, whoa...
Whoa, whoa, whoa...
Whoa, whoa...

Back to IV (2x)

And it's too cold
It's too cold
The holes of my sweater...


Aku akan terus berjuang, demi kita, demi masa depan kita. Karena kau telah memberiku kehangatan, aku harus memberimu masa depan yang penuh jaminan. Setidaknya, menurut perhitunganku sebagai manusia. Aku janji, setelah pekerjaanku selesai, aku akan menjemputmu, dan membawamu kemari. Kita akan hidup bersama, satu rumah, alangkah menyenangkannya. Tapi tidak sekarang, Kasih, karena sekarang sedang masa sulit bagiku, aku tak sanggup membawamu. Tetaplah menyemangatiku dengan cintamu.

10 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kenapa lagu ini sering dikaitkan sama bisexual ya?? plis ngk paham gua :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang artinya seperti itu, tengok

      https://silabelkata.blogspot.com/2022/02/lirik-terjemahan-sweater-weather.html

      Delete
  3. ada yg liat cover versi conan gray ga? kalo ga, cobain rasanyaaa a-anu.. mantap.

    ReplyDelete
  4. Terjemahan versi kami

    https://silabelkata.blogspot.com/2022/02/lirik-terjemahan-sweater-weather.html

    ReplyDelete