Pages

Rain On Me - Ariana Grande, Lady Gaga

Setiap kali memaknai lagu, yang pertama harus dilakukan adalah dengar, resapi menurut 'feel' mu saat itu. Abaikan vidklip, karena menurutku vidklip itu juga bagian dari pemaknaan lagu. Nah, untuk lagu ini, bisa ada tiga opsi dalam memaknainya. Pertama, lagu ini bisa bermakna denotatif, alias murni meminta hujan turun. Kedua, bisa bermakna religius dengan memaknai hujan sebagai berkah atau rejeki. Ketiga, bisa membuat pikiran traveling kemana-mana dengan istilah 'dihujani'. Nah, saat kalian dengar lagu ini, kalian pilih opsi yang mana? Atau punya opsi versi kalian sendiri? Share di komen ya😁

I didn't ask for a free ride
I only asked you to show me a real good time
I never asked for the rainfall
At least I showed up, you showed me nothing at all

Aku tak pernah meminta tumpangan gratisan. Yang kuinginkan hanyalah kebersamaan yang berkesan. Tak pernah ku memintamu menurunkan hujan. Setidaknya aku ada untukmu, meski kau tak pernah memberikan bukti apapun kepadaku.

It's coming down on me
Water like misery
It's coming down on me
I'm ready, rain on me

Dan tiba-tiba semuanya tertumpah kepadaku. Guyuran yang menyakitiku. Tak mengapa, aku sudah siap sedia, hujankan saja semuanya.

I'd rather be dry, but at least I'm alive
Rain on me, rain, rain
Rain on me, rain, rain
I'd rather be dry, but at least I'm alive
Rain on me, rain, rain
RAIN. ON. ME.

Andai boleh memilih, aku lebih suka tak kuyup. Tapi sudah terlanjur basah, tak mengapa, setidaknya aku masih bernyawa. Guyurkan saja semuanya kepadaku, aku sudah siap sedia.

Living in a world where no one's innocent
Oh, but at least we try
Gotta live my truth, not keep it bottled in
So I don't lose my mind
Baby, yeah

Tak ada yang benar-benar lugu di dunia yang kutinggali. Setidaknya aku sudah mencoba semampuku, yang terbaik menurutku. Kebenaran bukanlah untuk disimpan lalu dibuang ke lautan. Kebenaran itu harus ditunjukkan agar aku tak hilang akal.

I can feel it on my skin
It's coming down on me
Teardrops on my face
Water like misery
Let it wash away my sins
It's coming down on me
Let it wash away

Masih bisa kurasakan, perlahan mengalir di sekujur tubuhku. Wajahku berderai air mata penuh duka. Kuanggap itu sebagai pelebur dosa, dan membasuh segala luka.

Hands up to the sky
I'll be your galaxy, I'm about to fly
Rain on me, tsunami
Hands up to the sky
I'll be your galaxy, I'm about to fly
RAIN. ON. ME.

Kutengadahkan tanganku, kutunjukkan bahwasanya aku mengorbit di sekitarmu. Aku memohon kepadamu, agar kau mengguyurku, sebanyak mungkin, gelombang besar sekalipun.

I hear the thunder coming down, won't you rain on me?
Rain on me
I hear the thunder coming down, won't you rain on me?
RAIN. ON. ME.

Apakah yang kudengar itu benar suara petir? Berarti sebentar lagi akan turun hujan? Maukah kau menghujaniku sekarang?

No comments:

Post a Comment