Pages

It's Amazing - Jem

Dah lama pengen nulis lagu ini. Enak sekali didengar, meski penyanyinya sendiri baru dengar namanya. Pertama kali dengar ya sebagai lagu pengantar iklan film akhir tahun di sebuah stasiun tv. Lagu ini asik lho, isinya tentang memupuk semangat dalam meraih mimpi.

Do it now, you know who you are
You feel it in your heart
And you're burning with ambition


Kau punya impian? Lakukanlah mulai dari sekarang. Persiapkan apa yang ingin kau raih. Jika impianmu bersifat keilmuan, maka sekolahlah yang benar. Jika impianmu bersifat keahlian, maka berlatihlah yang benar. Mimpi tidak datang dan teraih tiba-tiba. Lakukan mulai dari sekarang, karena kau tahu apa yang kau inginkan. Rasakan debarannya, rasakan dorongan untuk meraihnya dari dalam hatimu. Biarkan semangat itu membara dan menghangatkan hatimu.

At first, wait, won't get it on a plate
You're gonna have to work for it
Harder and harder


Kesuksesan tak terhidang begitu saja. Bahkan makananpun harus disiapkan sedemikian rupa. Tunggu, bersabarlah dan terus berusaha. Semakin keras, semakin keras, semakin keras. Kelak kau pasti akan mendapat bayaran dari kerja kerasmu.

And I know cause I've been there before
Knocking on the doors with rejection
And you'll see cause if it's meant to be
Nothing can compare to deserving your dream


Aku sok tahu ya? Tidak. Karena aku pernah sepertimu, merangkak meraih sesuatu. Sekolah memang membosankan, saat melakukannya seolah tak merasakan manfaatnya. Tapi nanti, saat semua itu berhenti, baru akan terasa beda bersekolah dan tidak. Bekerja memang berat, tapi itu modal untuk meraih sesuatu. Impian itu penting. Karena dengan bermimpi, hidup kita akan selalu disinari dengan cahaya harapan. Memulai sesuatu itu selalu tak mudah. Ditolak, tak dpercaya, diremehkan, diabaikan. Biarkan, jangan dipikir. Kerja itu lakukan, bukan diangan. Karena, jika memang sudah digariskan untukmu, maka sesulit apapun itu pasti akan kau dapatkan. Segala kesusahan itu sungguh tak sebanding dengan apa yang kau raih.

It's amazing, it's amazing
All that you can do
It's amazing, makes my heart sing
Now it's up to you


Sungguh menakjubkan bagiku jika melihat orang-orang yang bekerja keras, berlatih keras, belajar tekun demi mengejar impian mereka. Manusia memang kadang memiliki daya tak terbatas jika sudah bertekad bulat. Kegigihan itu sungguh membahagiakan. Sekarang, terserah kalian. Piihan hidup yang kalian pilih saat ini juga menggariskan masa depan kalian.

Patience, now frustrations in the air
And people who don't care
Well, it's gonna get you down

Bersabarlah. Ditengah segala usahamu itu, pasti akan ada saat-saat ketika kau merasa sangat putus asa. Kau pasti akan kecewa dan mulai memutuskan untuk berhenti mencoba. Jangan, sekalipun jangan berhenti. Kau tahu dirimu, kau tahu kemampuanmu. Selama otak dan tubuhmu mampu, jangan hiraukan hatimu. Jangan pula hiraukan orang-orang yang tak peduli kepadamu dan tak bersedia membantumu. Abaikan saja orang-orang yang hendak meruntuhkan semangatmu.

And you'll fall, yes you will hit a wall
But get back on your feet
And you'll be stronger and smarter


Akan ada pula saat-saat kau benar-benar gagal. Jatuh, sial, bangkrut, tak berdaya. Tapi selama hal itu tak membunuhmu, bangkitlah kembali. Merangkaklah kembali lalu perlahan berdiri. Jika kau terus berdiam, kau akan terpuruk. Tapi jika kau mencoba bangkit, kau akan semakin kuat dan semakin bisa mengambil pelajaran dari pengalaman.

And I know cause I've been there before
Knocking down the doors, won't take no for an answer
And you'll see cause if it's meant to be
Nothing can compare to deserving your dream


Semua kesakitan itu, tak pernah masih jauh lebih ringan dapi impian yang kan kau raih. Aku pernah seperti itu, maka percayalah kepadaku.

Don't be embarrassed, don't be afraid
Dont let your dreams slip away
Determination using your gift
Everybody has a gift


Kalah itu biasa. Jatuh itu biasa. Gagal itu biasa. Tapi jangan pernah semua itu kau jadikan kebiasaan. Ambil sisi baiknya, buang sisi buruknya. Jangan malu memulai lagi dari awal setelah jatuh dan ditertawakan. Tahu apa mereka semua  tentang impianmu. Kau yang paling tahu, maka kau yang harus mempertahankan. Setiap manusia itu pasti dianugerahi kekuatan masing-masing. Gunakan segala sumber daya yang kau miliki, dan mulailah untuk meraih mimpi.

Never give up, never let it die
Trust your instincts and most importantly
You've got nothing to lose
So just go for it


Jangan pernah sekalipun menyerah pada keadaan. Impianmu tak boleh mati. Karena jika kau melepas impian begitu saja, berarti kau melepaskan sebagian jiwa yang telah kau punya. Percayai apa yang kau yakini benar dan bisa kaulakukan. Persiapkan mulai dari sekarang. Mumpung umurmu masih ada, badanmu masih segar, otakmu masih bekerja. Semakin kau tunda, semakin kau tak berdaya. Tak perlu menunggu tua kan untuk menjadi kaya? Yang sekolah, sekolahlah yang benar. Tak akan pernah terulang semua pelajaran itu di masa yang akan datang. Yang bekerja, cintailah apapun pekerjaanmu. Karena jika kau tak cinta, maka pekerjaan apapun tak akan pernah kau suka.

4 comments:

  1. makasih,
    boleh request bastille - no angels

    ReplyDelete
  2. i love you and all about this song , really heat my soul... i love my job , this is my passion, and i will give up push my stronger :) thank you for translate this song and meaning full..

    ReplyDelete
  3. Asli pertama kali denger udah lama banget
    Di tv swasta pas iklan serial filmnya
    Lagunya enak didenger, enjoy banget
    Barusan penasaran sama isinya
    Ternyata dalem juga
    Sukses terus buat yg nerjemahin isi dan artinya
    Ditunggu uraian lagu selanjutnya

    ReplyDelete