Pages

What I’ve Done – Linkin Park

Mungkin sebenarnya lagu ini tentang “ngobat” atau pasca dipenjara. Tapi, aku ingin memaknainya tentang cinta.

In this farewell
There's no blood
There's no alibi
Cause I've drawn regret
From the truth
Of a thousand lies


Pernahkah terbelenggu dengan masa lalu dan tak bisa kau singkirkan begitu saja di masa depan? Aku pernah. Menghadapi banyak mata yang menghakimi tidaklah mudah. Tapi, lebih tidak mudah lagi menghadapi hati kita sendiri. Rasa sesal yang mendalam, menyalahkan diri sendiri. Betapa bodohnya, betapa egoisnya. Kesalahan itu, akan terus kubawa hingga aku mati. Aku tahu itu. Namun, sudah kuputuskan untuk mengakhiri segalanya. Aku sudah berubah. Aku sudah memantapkan hati untuk tak melakukan kesalahan itu lagi. Semoga hatiku tak tergoda lagi. Menyembunyikan masa lalu dari semua orang, rasanya terlalu berat kutanggungkan. Maka, kali ini, hatiku tak lagi berat melepasmu. Aku ingin berubah, benar-benar berubah. Bukan lagi seseorang yang selalu mencintai orang yang salah. Rasanya begitu bodoh melakukan kesalahan berulang-ulang, dan bangga pada kesalahan itu. Sekarang aku malu. Kesombongan masa mudaku benar-benar menamparku. Bukan rasa itu yang kusesalkan, tapi apa yang telah kulakukan bersamamu. Karena, itu akan terusa melekat di hidupku. Aku pernah bahagia, meski menyimpan ribuan dusta. Tapi, aku tak bisa hidup seperti itu terus. Aku ingin memaafkan diriku sendiri. Dengan begitu hatiku lebih damai. Biarlah dusta itu tetap tersimpan dalam hati. Kalau suatu hari ada yang menyalahkanku, setidaknya sudah kumaafkan diriku, hingga aku siap menghadapi, kecaman apapun tentang diriku. Semoga hatiku kuat menerima semua itu nanti.

So let mercy come
And wash away


Jadi, jangan kecam keputusanku ini. Jangan kecam perasaanku yang ingin lepas darimu. Kasihanilah hatiku yang tak lagi sanggup menyimpan dirimu. Kau tahu kan perasaan seperti itu? Aku ingin membersihkan segala salah paham ini. Agar perpisahan kita, keputusan ini, tak lagi melukai siapapunlagi.

What I've done
I'll face myself
To cross out what I've become
Erase myself
And let go of what I've done

Sakit sih. Bagaimanapun kau pernah memperindah hidupku. Namun kesalahan itu, terus membelenggu hidupku. Kita tak mungkin menghapus masa lalu kan? Aku harus berusaha memaafkan diriku sendiri. Dengan begitu hatiku akan damai. Aku harus mengubah diriku, menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Biarlah yang lalu terus berlalu. Tak perlu ditengok, tak perlu dikejar, tak perlu ditangisi. Yang harus kuhadapi sekarang adalah apa yang akan kulakukan untuk memperbaiki kualitas hidupku.

Put to rest
What you thought of me
While I clean this slate
With the hands
Of uncertainty

Maafkanlah, jika keputusanku ini awalnya menyinggungmu. Ini demi kebaikan kita berdua, kebaikan orang-orang yang mencintai kita. Tak adil rasanya jika kita harus membagi hati. Aku maklum jika kau kecewa padaku, karena telah kulanggar janji setia kepadamu. Ada yang lebih penting dari itu, dan kita berdua tahu. Harus kubersihkan segala rasa terhadapmu, dengan tangan-tangan ketidakpastian, karena aku masih mencintaimu. Karena acara bersih-bersih ini sungguh sangat melukai hatiku.

For what I've done
I start again
And whatever pain may come
Today this ends
I'm forgiving what I've done


Apapun yang pernah kulakukan padamu, menggodamu, menjerumuskanmu, mohon dimaafkan. Kehilafan hatiku karena begitu mendambakanmu. Tidak, aku janji tak kan memulainya lagi. Akan kutangguhkan segala rindu. Akan kutahankan segala sakit karena menahan cinta kepadamu. Kelak, aku yakin semua ini akan sembuh dengan sendirinya. Kelak, aku yakin kau akan menemukan keindahan dalam hidupmu tanpa diriku sama sekali. Begitu juga diriku. Karenanya, aku terus berusaha memaafkan diriku sendiri, atas apa yang kulakukan di masa lalu. Meskipun, mengingatnya sungguh melukai hatiku.

I'll face myself
To cross out what I've become
Erase myself
And let go of what I've done
What I've done
Forgiving what I've done


Mau bagaimana lagi. Tak mungkin menulis ulang kisah lama. Yang lalu biarlah berlalu. Yang terpenting adalah, bagaimana diriku sekarang, agar tak mengulang lagi kesalahan. Aku harus menghapus image ku yang dulu. Aku harus menjadi seseorang yang lebih baik sekarang. Merelakan segalanya, memaafkan diriku sendiri, memaafkan dirimu, dan segala keadaan yang pernah membelenggu kita di masa lalu.

2 comments:

  1. mantap
    "dear river" nya Kina Grannis dong...
    #

    ReplyDelete
  2. Tolong di artiin ya... lagu imagine dragon yang baru nih... judulnya Root.. dan sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete