Pages

Sweeter Than Fiction - Taylor Swift

Cerita dongeng yang kau baca terdengar begitu indah kah? Tidak, kawan. Karena kenyataan hidup yang sebenarnya jauh lebih indah dari cerita dongeng. Hidup ini seperti roller coaster. Naik, turun, penuh kejutan. Dan semuanya menyenangkan jika kita bersemangat menjalankan. Taylor Swift ingin mengajak kita berfikir positif, melepaskan segala kepenatan dan kegundahan, karena penderitaan tidaklah bersifat selamanya, kecuali kita menenggelamkan diri di dalamnya.

Hit the ground, hit the ground, hit the ground, oh, oh
Only sound, only sound, that you hear is "no"
You never saw it coming
Slipped when you started running
And now you've come undone, and I, I, I, I


Hentakkan kaki, kalahkan malas yang merajai hati. Bersemangat hadapi hari, karena hari ini kau akan mengalami hal buruk, seperti hari kemarin, atau juga menemukan keajaiban ribuan hal baik yang tak kan pernah kau sangkakan. Tak apa jika semua orang bilang “tidak” padamu. Mereka hanyalah orang –orang yang tidak mengenali bakat dan potensimu. Tak apa kau tak bisa sekarang menunjukkan taringmu, asal ka uterus mencoba, akan ada hati yang luluh dan melihat usahamu. Jika kau terpeleset hari ini, kau harus langsung bangkit dan berlari. Karena bengkak di kaki, hanya akan bertahan beberapa hari. Sakit, memang, tapi tak selamanya. Kalau kau hanya tiduran, menyerah pada semua penolakan, maka kau akan tenggelam dalam keputusasaan. Jangan khawatir, ada aku di sini, yang akan selalu mendukungmu sepenuh hati.

Seen you fall, seen you crawl, on your knees, eh, eh
Seen you lost in a crowd, seen your colors fade
Wish I could make it better
Someday you won't remember
This pain you thought would last forever and ever

Aku pernah melihatmu terjatuh, dan aku bangkit lagi. Dengan senyum yang masih menghiasi wajah dan hatimu, kau berusaha berjalan kembali, meski awalnya merangkak, lalu ngesot, lalu berdiri kembali. Aku pernah melihatmu bersinar, lalu cahaya yang lain datang, memudarkan kemilaumu yang menurutku menggetarkan. Tak apa, teruslah berkarya. Karena dengan begitu, meski memudar, cahayamu tak kan pernah padam. Aku di sini, tahu pasti potensimu. Aku hanya bisa mendukungmu, karena aku tak mampu menyalakan kembali cahayamu. Oh, andai bisa kuringankan bebanmu. Setidaknya, aku adalah tangan yang menjaga nyalamu, agar tak terhembus angin yang mematikan. Angin itu dingin, kawan, tapi jangan lah terlalu kau risaukan. Karena, saat hangat mentari datang, kau akan lupa bagaimana rasanya kedinginan.

III
There you'll stand, ten feet tall
I will say, "I knew it all along"
Your eyes, wider than distance
This life is sweeter than fiction

Aku tahu, pada saat itu, kau akan berdiri tegak, berani menghadapi duniamu dengan segala kebanggaan. Dan aku akan berkata, apa kubilang kan? Kau pasti mampu. Aku suka matamu yang tak pernah menyerah. Mata yang selalu hidup, menatap harapan yang tak pernah padam. Kau sadar, bahwa kau benar, tentang hidup yang lebih indah, daripada dongeng fiksi picisan.

Just a shot, just a shot, in the dark, oh, oh
All you got, all you got, are your shattered hopes
They never saw it coming
You hit the ground running
And now you're on to something
I, I, I say
What a sight, what a sight, when the light came on
Proved me right, proved me right, when you proved them wrong
And in this perfect weather
It's like we don't remember
The rain we thought would last forever and ever


Cobalah terus menerus. Dari seribu percobaan, mungkin hanya akan lolos satu kemungkinan. Tapi tak apa, daripada tak mencoba sama sekali, tak ada kemungkinan yang tergapai. Semangatmu mengalahkan segalanya. Merajut kembali kepingan harapan yang berserakan, menulikan telinga dan hati agar kebal terhadap cibiran. Oh, dan kau sudah hampir berhasil sekarang. Lihatlah, cahayamu sudah mulai kelihatan. Lihatlah, sinarmu begitu indah dipandang. Aku benar kan, mempercayaimu adalah sebuah keajaiban. Biar mereka meremehkan kita, sekarang usaha kita ada hasilnya. Bukankah aku benar, Sayang? Saat cuaca sehangat ini, guyuran hujan berhari-hari seolah hanya berita basi.

VI
There you'll stand, next to me
All at once, the rest is history
Your eyes, wider than distance
This life is sweeter than fiction (fiction)


Kau tahu aku benar. Aku selalu mendukungmu kapanpun, dimanapun, bagaimanapun. Kini, kau berdiri gagah di sampingku, dengan bangga menghapus penderitaan masa lalu. Semua kesakitan itu hanyalah masa lalu. Ada aku di masa depanmu. Masa depan yang selalu kau pandang, penuh dengan harapan. Dulu di kejauhan, sekarang hanya sejangkauan. Bukankah, hidup ini lebih mengejutkan dari pada cerita dongeng karangan?

(2x)
I'll be one of the many saying
Look at you now, look at you now, now
I'll be one of the many saying
You made us proud, you made us proud, proud
And when they call your name
And they put your picture in a frame
You know that I'll be there time and again
'Cause I loved you when


Dan aku akan jadi satu-satunya orang yang berkata: apa dulu kubilang? Dan akan jadi satu-satu nya yang dengan bangga dan lantang, memamerkanmu pada seluruh dunia, bahwa kini kau mampu Berjaya, meski dulu kau bukanlah siapa-siapa. Saat orang-orang yang mencibirmu menatap kagum padamu, ingatlah ada diriku di setiap langkahmu. Karena, akulah yang mencintaimu saat kau dirundung nestapa, saat semua orang melepaskan pelukan darimu.

When you hit the ground, hit the ground, hit the ground, oh oh
Only sound, only sound that you heard was "no"
Now in this perfect weather
It's like we don't remember
The rain we thought would last forever and ever (forever)


Karena semangatmu itu, mengalahkan segala kemungkinan buruk. Karena semangatmu itu, menyalakan cahaya yang tersuruk. Karena semangatmu itu, membungkam segala makian dan hinaan. Lihatlah, saat kau bersinar terang, segala kegelapan sirna dari pandangan. Hidup susah tak lagi terasa saat segalanya menyenangkan.

Sweeter than fiction,
It's sweeter, yeah,
It's sweeter, it's sweeter
Sweeter than fiction


Kenyataan hidup ini, alur ceritanya jauh lebih indah daripada dongeng belaka. Kalau kau menyerah, kau hanya akan jadi pecundang, yang tak segagah para pangeran penunggang kuda dan membawa pedang. Kau hanya akan jadi pangeran kodok, yang bersembunyi di kolam, yang wujud aslinya tersembunyikan. Sampai kapan kau akan menunggu ada putri kerajaan menjamah kolam? Kalau kau tak lompat-lompat dengan bersemangat, menenggelamkan bola yang dimainkan para putri itu, maka kau akan tetap jadi kodok yang menyamar.

No comments:

Post a Comment