Pages

Brave - Sara Bareilles

Katakanlah sesuatu yang benar meskipun itu pahit. Pernah dengar ungkapan itu kan? Lagu Brave ini menyemangati kita, agar tidak apatis pada dunia. Peduli, berani menyuarakan kebenaran. Siapapun kita, akan mampu membela diri jika berani. Diam tak selamanya emas. Kadang, diam merupakan sebuah kesia-sian kalau seharusnya tidak diam.

You can be amazing
You can turn a phrase into a weapon or a drug
You can be the outcast
Or be the backlash of somebody's lack of love
Or you can start speaking up
Nothing's gonna hurt you the way that words do
And they settle 'neath your skin
Kept on the inside and no sunlight
Sometimes a shadow wins
But I wonder what would happen if you


Mulutmu harimaumu. Kata-kata adalah senjata. Bisa untuk melukai, juga bisa untuk mengobati. Kalian bisa menggunakan seluruh kata di dunia ini untuk kalian jadikan senjata ataupun obat. Tinggal pilihan mana yang kalian ambil. Apakah kalian akan menyuarakan kebaikan lewat akun jejaring social kalian, atau hanya berkeluh kesah yang berkepanjangan? Itu adalah pilihan kalian, dan itu menentukan siapa diri kalian. Bagusnya budi kalian, dilihat dari kata yang kalian gunakan. Karena, tak ada yang lebih menusuk hati selain kata-kata. Luka fisik bisa sembuh lebih cepat daripada dimaki-maki. Tanpa pengecualian, semua dari kalian memiliki senjata itu. Sudah hukum alam manusia itu berbahasa, bahkan si bisu pun berbahasa dengan cara mereka sendiri. Keberanian itu ada dalam tiap kata, dalam tiap bahasa, bersembunyi dalam tubuh kalian, mengalir di nadi kalian. Tinggal pilihan kalian, akan menggunakan keberanian dalam kata-kata itu, atau tetap diam.

II
Say what you wanna say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave

Kalian semua, generasi muda penerus bangsa, ungkapkanlah apa yang ingin kalian ungkapkan. Kalian mampu berbahasa dengan santun, tak perlu lempar batu atau menyabetkan pedang. Kalian semua, mampu bertutur dengan keberanian yang mencengangkan, mengapa malah jadinya lempar-lemparan barang? Tak layak rasanya, para generasi muda yang harusnya ilmunya berguna, malah merusak semuanya. Tak kalian lihatkah berita tentang kalian yang memalukan? Kalian punya senjata yang lebih menyakitkan daripada senapan, dan lebih diakui, bahasa. Jadi, mana keberanian kalian mengungkapkan pada dunia kalau kalian makhluk paling hebat sedunia? Dengan tawuran? Sudah nggak zaman lah… memangnya kita bangsa barbar?

III
With what you want to say
And let the words fall out
Honestly I wanna see you be brave


Jujur, dari hatiku yang paling dalam, aku ingin kalian berani mengubah dunia dengan santun meski menyakitkan. Tak bisakah emosi untuk saling berkelahi kalian ganti dengan berorasi? Tak bisakah kalian menulis puisi? Tak mampukah kalian mengabarkan pada dunia, lewat internet yang sudah memfasilitasi? Tak tahukah kalian bahwa doktrin orang-orang yang berani mati, hanya di sampaikan dengan kata-kata yang dicekokkan setiap hari? Kalau kalian bisa berbahasa, harusnya kalian lebih santun mengungkap rasa. Perkelahian tak kan pernah ada habisnya.

IV (2x)
I just wanna see you
I just wanna see you
I just wanna see you
I wanna see you be brave


Kami, para generasi tua, ingin melihat kalian berani, menyuarakan kebenaran, melawan kedzaliman, dengan kata-kata yang menyejukkan hati. Bukan merusak segala yang ada, bukan menghancurkan yang kalian miliki. Sejak nenek moyang kita, kita adalah bangsa yang luar biasa, yang disegani di seluruh dunia. Tak bisakah kita bersama-sama membangun kembali kejayaan itu?

Everybody's been there
Everybody's been stared down
By the enemy
Fallen for the fear and done some disappearing
Bow down to the mighty
Don't run, stop holding your tongue
Maybe there's a way out of the cage where you live
Maybe one of these days you can let the light in
Show me how big your brave is

Kalau kalian sekarang ini sedang sakit hati, ingin melampaiaskan kekesalan dengan menyakiti seseorang, renungkanlah kembali. Tidak hanya kalian yang tersakiti di dunia ini. Ada banyak bangsa yang terdzalimi, dan mereka bangkit, tak menyerah, tidak kemudian menghancurkan apa yang sudah mereka miliki. Jangan berhenti menyuarakan kebenaran. Kabarkanlah ke seluruh dunia siapa diri kalian. Bukan kalian yang mewek setiap hari hanya karena hal sepele. Bukan kalian yang gampang galau dan kesepian. Tak ada gunanya semua itu. Kalau seluruh pemuda bangsa ini tak lagi peduli pada bangsanya, hanya sibuk mengurusi hati mereka sendiri-sendiri, akan jadi apa kita nanti? Keluarlah dari zona nyaman kalian, lihatlah sekeliling kalian, apa yang terjadi? Pelajari, ambil kesimpulan, suarakan jika itu memang tak sesuai dengan kebenaran. Jangan hanya anonimus kalau nulis komentar (#abaikan >,<)

Innocence, your history of silence
Won't do you any good
Did you think it would?
Let your words be anything but empty
Why don't you tell them the truth?


Sudah kubilang, diam tak selamanya emas. Diammu bisa saja membunuhmu. Diam mu, bisa saja membunuh seseorang. Tak ada manfaatnya. Selama itu patut disampaikan, sampaikanlah. Jangan kalah dengan takut, jangan kalah dengan ragu-ragu, atau kalian akan menyesal jika kesempatan untuk menyampaikan kebenaran itu sudah lari dari hadapan kalian.

6 comments: