Pages

When I’m Gone – Simple Plan

Bagiku, lagu ini adalah pembelajaran hidup. Falsafah cara bertahan di dunia yang dituang dalam bentuk lagu, bukan pidato yang berkoar tapi tak didengar. Lagu terdengar lebih jujur dan tidak mengada-ngada. Seringnya, lebih cepat mengena ke hati pendengarnya. Well, When I’m Gone menasehati kita untuk memanfaatkan segala kesempatan yang diberikan oleh Tuhan pada kita. I (aku) di lagu ini kuinterpretasikan begitu, sebuah kesempatan untuk memilih jalan hidup yang lebih baik. Mari disimak bersama.

I look around me but all I seem to see
Is people going nowhere expecting sympathy
It's like we're going through the motions of a scripted destiny
Tell me, where's our inspiration?
If life won't wait I guess it's up to me


Kuamati lingkungan sekitarku, yang ada hanyalah orang-orang yang semakin sering berkeluh- kesah. Mereka inginnya kita bersimpati pada kesusahan yang mereka alami, bahkan mungkin mereka ada-ada kan sendiri. Di jejaring social, isinya keluhan. Ketemu langsung, mengeluh lagi. Seakan dunia ini sekarang dipenuhi orang-orang yang sengsara lahir batin dan menikmati kesusahan itu. Banyak dari para pe-ngeluh itu yang menyalahkan takdir atas kerasnya kehidupan mereka, seolah tak ada lagi yang bisa dilakukan kecuali pasrah dan menerima. Orang-orang legendaries yang pernah diceritakan padaku dulu seolah lenyap ditelan bumi, menyisakan orang-orang yang mimpinya selangit tapi semangatnya ngos-ngosan. Kusadari bahwa waktu tak kan berputar mundur. Waktu terus maju dan cepat lajunya. Kalau aku bergerak lambat, maka aku akan tertinggal oleh waktu. Kurasa, aku tak pantas lagi berkeluh kesah dan menggeletakkan semangat begitu saja. Kalau ingin tetap hidup, aku harus terus bergerak. Iya kan?

Whoa! No, we're not gonna waste another moment in this town
Whoa! And we won't come back, the world is calling out
Whoa! Leave the past in the past, gonna find the future
And misery loves company, well so long
You'll miss me when I'm gone
You're gonna miss me when I'm gone

Kuteriakkan keras-keras agar semangatku terlecut. Aku tak kan menyia-nyiakan waktu lagi. Hidup di kota ini waktu berjalan lebih cepat daripada di pinggiran sana. Dan aku sadar tak kan pernah ada pengulangan waktu. Segalanya terus maju pantang mundur. Masa depanku sedang memanggil. Aku harus bergegas menggapainya, sebelum semuanya terlambat dan kusesali segalanya. Yang lalu biarlah berlalu. Yang pernah gagal biarlah jadi pelajaran agar tak terulang. Aku tak mau berduka cita, karena nestapa itu gampang sekali menularnya. Jam ku terus berdetak, mengingatkanku bahwa ia terus melaju. Jika ia sudah terlewat, maka hidupku dan kesempatanku juga sudah terlewat. Aku tak boleh lengah.

Procrastination running circles in my head
While you sit there contemplating you're wound up left for dead
Life is what happens while you're busy making your excuses
Another day, another casualty but that won?t happen to me


Rasa malas memang kerap menggerogotiku. Inginnya menunda segala sesuatu. Memilah ini itu, akhirnya tak kesampaian semuanya. Sekarang ini, yang kuingat saat ku malas hanyalah kematian. Ajal yang bisa datang kapanpun ia mau. Tak peduli umur, tampang, apalagi kekayaan. Kadang, rasa malas itu tertutupi oleh alas an-alasan yang kuciptakan sendiri. Padahal, saat aku sibuk mengarang pembenaran atas kemalasanku, duniaku sedang berjalan melewatiku, dan tak kan pernah putar balik. Hari berganti, pemalas termakan lagi. Tapi aku berjanji, mulai hari ini, tak kan kubiarkan waktu melahapku dalam kesia-siaan.

You're gonna miss me when I'm gone
When I'm gone, let's go!


Aku tahu aku akan merindukan waktu yang terbuang itu. Hanya pengulangan kata “seandainya” yang kan berputar di otakku. Kukuatkan niatku. Ayo, disiplin dengan anugerah waktu yang diberikan Tuhan padamu!

Won't look back when I say goodbye
'Cause every wasted day becomes a wasted chance
You're gonna wake up feeling sorry 'cause life won't wait
I guess it''s up to you


Tak kan kuratapi masa lalu yang penuh kegagalan. Biarlah kutinggalkan begitu saja. Kekosongan yang harusnya kuisi dulu, harus kulengkapi sekarang. Agar hidupku genap, tak ada lagi penyesalan, tak ada lagi kesia-siaan. Karena tiap hari yang akan datang, kan kujadikan pengganti waktuku yang telah terbuang. Karena hidup tak kan pernah mau menunggu, mari berpacu dengan waktu untuk meraih mimpimu.

You're gonna miss me when I'm gone
You're gonna miss me when I'm gone
You're gonna miss me when I'm gone


Waktu bilang: kau akan berharap aku kembali saat kau sudah kutinggalkan. Memang. Waktu, kesempatan, kesehatan, harusnya tak pernah kusia-siakan. Karena semakin berjalan, semakin berkurang.

1 comment:

  1. Gue request lagunya paramore "Brick By Boring Brick" itu jujur gue bingung pemakaian bahasa lirik dan video klipnya sesuatu banget, tolong ya itu keren lagunya

    ReplyDelete