Pages

She Use To Be Mine - Sara Bareilles

Entah mengapa bagiku lagu ini tidak sedang menceritakan orang lain, tapi sedang menceritakan dirinya sendiri, bahwa ia kehilangan dirinya yang dulu ramah, lembut dan periang. Hidup menghantamnya dengan banyak luka hingga menguatkan karakternya, tapi seolah menghilangkan sisi baik dari kelembutannya, dan ia tidak nyaman menjadi sepeeti itu. Ia berharap menjadi dirinya yang dulu namun dengan hati yang lebih kuat.

She use to be mine
It's not simple to say
That most days I don't recognize me
That these shoes and this apron
That place and its patrons
Have taken more than I gave them
It's not easy to know
I'm not anything like I used be, although it's true
I was never attention's sweet center
I still remember that girl

Dulu, perempuan itu adalah milikku. Ini bukan sesuatu yang bisa dengan mudah kujelaskan. Hari-hari itu adalah masa di mana aku bahkan tak mengenali diriku sendiri. Sepatu dan celemek yang kukenakan, aku tak tahu apa gunanya. Tempat ini dan segala perlindungan yang ditawarkan, aku tak mengerti mengapa justru mengambil lebih banyak dariku daripada yang seharusnya bisa kumanfaatkan. Bukan hal mudah bagiku ketika aku menyadari bahwa aku menjadi seseorang yang bukan diriku. Ini bukan aku. Aku yang dulu bukan tipe yang mudah menarik perhatian. Aku masih ingat seperti apa diriku yang dulu.

She's imperfect, but she tries
She is good, but she lies
She is hard on herself
She is broken and won't ask for help
She is messy, but she's kind
She is lonely most of the time
She is all of this mixed up and baked in a beautiful pie
She is gone, but she used to be mine

Perempuan itu, tak sempurna, tapi dia terus mencoba untuk menjadi lebih baik. Ia mendisiplinkan dirinya sendiri hingga terluka, tapi tak sekalipun keluh kesah terlontar dari dirinya. Ia mungkin terlihat sedikit berantakan, tapi hatinya sungguh baik. Dan ia adalah perempuan paling kesepian yang kukenal.  Bagiku, ia adalah perpaduan seluruh kebaikan sekaligus kelemahan yang terbungkus dalam sosok kelembutan. Tapi semua itu telah sirna dari dirinya. Setidaknya, ia pernah menjadi milikku.

It's not what I asked for
Sometimes life just slips in through a back door
And carves out a person and makes you believe it's all true
And now I've got you
And you're not what I asked for
If I'm honest, I know I would give it all back
For a chance to start over and rewrite an ending or two
For the girl that I knew

Bukan seperti ini yang sebenarnya kuinginkan. Namun, hidup kadang membuat kejutan, menyajikan kejadian demi kejadian yang membentuk bahkan mengubah karakter seseorang, dan memaksa untuk percaya bahwa perubahan itulah karakter yang sesungguhnya. Dan sekarang, kumiliki dirimu, meski kau bukan sosok yang kuinginkan. Kalau boleh jujur, ingin rasanya kulakukan segala cara untuk memutar kembali segala peristiwa untuk mengembalikan perempuan yang dulu kukenal itu.

Who'll be reckless, just enough
Who'll get hurt, but who learns how to toughen up
When she's bruised and gets used by a man who can't love
And then she'll get stuck
And be scared of the life that's inside her
Growing stronger each day 'til it finally reminds her
To fight just a little, to bring back the fire in her eyes
That's been gone, but used to be mine
Used to be mine

Barang siapa yang memilih untuk acuh, berhentilah. Mulailah peduli. Siapapun yang terluka, mulailah untuk menguatkan diri dan bangkit kembali. Lupakan masa-masa di mana kau terjebak dalam cengkeraman lelaki yang mengaku cinta tapi justru memberimu banyak luka. Lupakan bahwa masa itu menghantuimu, membuatmu percaya bahwa kau hanyalah makhluk cantik yang tak berdaya. Ingat, ada yang tumbuh di dalam dirimu sekarang ini. Semakin kuat dan semakin menguatkanmu. Aku yakin ia akan mengembalikan bara api di matamu. Apapun dirimu kini, setidaknya kau pernah menjadi milikku.

No comments:

Post a Comment