Pages

Six Degrees of Separation – The Script

Enam tingkat pemisahan (bahasa Inggris: Six degrees of separation) adalah sebuah teori yang mengatakan bahwa setiap manusia di bumi memiliki hubungan dengan manusia lainnya, yang hanya terpisah sejauh 6 orang. Dengan kata lain, dua orang yang tidak saling kenal di dunia ini dapat dihubungkan satu sama lain melalui (rata-rata) 6 pihak. Pendapat mengenai konsep “Enam tingkat pemisahan” dicetuskan pertama kali oleh penulis cerpen Hungaria bernama Frigyes Karinthy di tahun 1929.[1] Kemudian Stanley Milgram melakukan eksperimen dan membuktikan teori tersebut melalui sebuah penelitian yang berjudul “Small World Problem” pada tahun 1967 di Universitas Harvard.[2] Stanley Milgram (August 15, 1933 – December 20, 1984) dikenal sebagai seorang pakar psikologi sosial Amerika. Sumber: wikipedia

You've read the books, you've watched the shows
What's the best way, no one knows

Kau telah membaca semua buku-buku itu, kaupun telah menonton semua pertunjukan itu. Tapi, yang mana cara yang terbaik, tak ada yang pernah tahu.

Meditate, yea, hypnotized
Anything to take it from your mind
But it won't go
You're doing all these things out of desperation
You're going through six degrees of separation


Bermeditasi, mungkin. Dihipnotis, bisa jadi. Apapun bisa kau lakukan untuk menyingkirkan segalanya dari benakmu. Tapi tetap saja, masalah itu mengganjalmu, tetap tak mau pergi dari benakmu. Kau melakukan semua itu karena keputusasaanmu. Maka kau akan memulai jalur enam tingkat pemisahanmu.

You had the drink, you take a toke
Watch the past go up in smoke
You fake a smile, ya, lie and say
You're better now than ever and your life's okay
But it's not, no


Kau telah minum-minum, kau telah merokok. Kau menyaksikan masa lalumu menguap bersama asap. Kau memalsukan senyumanmu, berbohong dengan mengatakan bahwa kau telah merasa lebih baik sekarang ini daripada sebelum-sebelumnya. Kau bilang hidupmu baik-baik saja, tapi aku tahu bahwa hidupmu tidaklah seperti itu.

First, you think the worst is a broken heart
What's gonna kill you is the second part
And the third, is when your world splits down the middle
And fourth, you're gonna think that you fixed yourself
Fifth, you see them out with someone else
And the sixth, is when you admit that you may have fucked up a little


Keenam tingkat pemisahan itu bagimu adalah: pertama, yang terburuk bagimu adalah patah hati. Kedua, hal-hal yang bisa membunuhmu. Ketiga: saat dunia terbelah menjadi dua. Keempat: kau pikir kau bisa memperbaiki segalanya. Kelima: kau melihat semua itu ada pada orang lain. Dan keenam adalah ketika kau mengakui bahwa kau telah mengacaukan banyak hal.

Oh no there ain't no helping, to remember one's self
Oh no there ain't no helping, to remember one's self

Oh tidak. Tak ada bantuan untuk mengingat diri sendiri, kecuali diri kita yang melakukannya.

You tell your friends, yea strangers too
Anyone who will throw an arm around you
Tarrow cards, gems and stones
Believing all the shit's gonna heal your soul
Well it's not, whoa


Kau mengatakan pada teman-temanmu bahwa kau juga orang asing. Akan ada seseorang asing pula yang akan merangkul dirimu. Segala ramalan tak akan mengobati jiwamu.

Oh no there's no starting over
Without finding closure
You take them back no hesitation
That's how you know you've reached the sixth degree of separation


Tak ada pengulangan dari awal tanpa terlebih dahulu mendekati akhiran. Kau mengambilanya kembali tanpa ragu-ragu. Itulah saatnya ketika kau tahu bahwa kau telah mengalami enam tingkat pemisahanmu.

You're going through six degrees of separation
You're going through six degrees of separation
Oh no there ain't no helping, to remember one's self
Oh no there ain't no helping, to remember one's self


Kau akan mengalami enam tingkat pemisahanmu. Dan tak ada yang bisa membantumu, bagaimana kau mengingatkan dirimu sendiri.

No comments:

Post a Comment