Pages

Toxicity – System of a Down

Lagu tentang apatisnya manusia, hanya peduli pada kepentingan pribadi, tak lagi mengindahkan kepentingan bersama, kepentingan dunia, bahkan untuk hal sepele saja.

Conversion, software version 7.0
Looking at life through the eyes of a tire hub
Eating seeds is a pastime activity
The toxicity of our city, of our city

Hidup berubah-ubah. Dari cara sederhana, hingga dikonversi menggunakan teknologi tingkat tinggi. Perangai manusia juga berubah-ubah di tiap jamannya. Seperti roda yang berputar, kadang menderita, kadang menyenangkan. Makan, makan, makan, wisata kuliner di mana-mana. Sampah memenuhi kota, hanya untuk mengenyangkan perut kita.

Now, what do you own the world?
How do you own disorder, disorder
Now somewhere between the sacred silence
Sacred silence and sleep
Somewhere, between the sacred silence and sleep
Disorder, disorder, disorder

Lalu, dengan semua itu, apa yang kita miliki sekarang? Hanya rasa puas yang tak bertahan. Menyisakan kekacauan, karena perebutan banyak hal. Masih adakah tempat yang damai, tanpa perebutan dunia, tanpa mengedepankan nafsu belaka? Aku ingin tempat tenang yang sacral, yang bisa menjernihkan pikiran. Karena, dunia ini sudah dipenuhi dengan kekacauan.

More wood for their fires, loud neighbours
Flashlight reveries caught in the headlights of a truck
Eating seeds is a pastime activity
The toxicity of our city, our city


Jangan lagi tambahi kayu bakar di perapian, agar panasnya tak menjalar. Jangan lagi bertengkar dengan para tetangga yang menyebalkan. Biarkan saja, agar hidupmu damai sejahtera. Beriak, ramai, seperti bayangan debu yang menari-nari terkena lampu sorot depan truk. Tak beraturan, kacau. Dan yang kita ingat sepanjang hayat hanya tentang makan, makan dan makan.

When I became the sun
I shone life into the mans' hearts
When I became the sun
I shone life into the mans' hearts


Liahtlah. Tunggulah. Kelak, akan kuubah segalanya, menjadi lebih baik. Jika aku jadi mentari, jika aku jadi penguasa nanti, akan kuterangi dunia dengan kedamaian. Kutanamkan dalam semua hati, bahwa hidup ini tak hanya sekedar menumpuk materi.

10 comments: