Pages

Kun Anta – Humood Al Khuder

Pertama kali diperdengarkan lagu ini, kupikir, eh, lagu arab ya? Kok nge-beat gitu nadanya? Enak banget di dengar. Penasaran, browsing-browsing liriknya deh. Ternyata banyak yang sudah menerjemahkan. Kebanyakan sih ke bahasa melayu atau malay atau inggris. Ke bahasa Indonesia juga banyak kok. Tapi, pingin saja share lagi di sini^_^
Lagunya bagus, isinya tentang motivasi agar kita tidak mudah goyah oleh pengaruh sekitar dan tetap menjadi diri kita sendiri.

Liujarihim, qoldat tu zohiru ma fihim
Fabadautu syakhsan aakhar, kai atafaa khar

Ketika aku sedang bersama teman-temanku, ketika aku berada di lingkunganku, aku berusaha melihat dan meniru apapun yang terlihat olehku. Hingga aku menjadi seseorang yang berbeda dengan diriku yang asli. Aku telah menyerupai mereka semua, dan bangga karena ku sama dengan mereka.

Wa zonan tu ana, anni bizalika huztu ghina
Fawajad tu anni kha-sir, fatilka mazohir

Kupikir, jika aku melakukan semua itu, mengikuti apa yang mereka tampilkan, aku akan mempunyai nilai lebih di mata mereka. Tapi ternyata aku salah. Karena yang kulakukan itu hanyalah meniru lahiriah mereka saja. Aku dirugikan oleh tingkahku sendiri.

La la
La nahtajul ma la
Kai nazdada jama la
Jauharna huna
Fi qalbi talala


Tak perlu segala yang berkilauan, tak perlu segala yang bermerk, tak perlu segala yang mahal dan harta benda untuk mempercantik diri. Kecantikan sejati datangnya dari hati. Buat apa cantik muka jika hati tercela?

La la
Nurdhin nasi bima la
Nardhohu la na ha la
Za ka jamaluna
Yasmu yataa’la


Tak usahlah pedulikan pandangan orang akan apa yang orang lain katakan tentang penampilan kita. Selama kita sudah melakukan sesuatu yang benar, berbusana sesuai aturan, tak perlulah mengikuti apa yang tak bisa kita ikuti. Itu namanya memaksakan diri. Hanya mampu beli katun tak usahlah memaksa memakai sutra. Dengan kepercayaan diri dan tampil sesuai keadaan kita, justru akan memancarkan kecantikan lewat kesahajaan.

Oh wo oh... Oh wo oooh...
Oh wo oh... Oh wo oooh...
Oh wo oh... Oh wo oooh...

Kun anta tazdada jamala


Jadilah dirimu sendiri, tampillah dengan percaya diri, maka kecantikanmu akan semakin bertambah dan bersinar.

Oh wo oh... Oh wo oooh...
Oh wo oh... Oh wo oooh...
Oh wo oh... Oh wo oooh...

Saakunu ana, man ardho ana, lan asa’ la liridhohum
Waakunu ana, ma ahwa ana, ma-li wama liridhohum


Aku akan menyesuaikan saja tampilanku dengan kemampuan diriku. Bukankah orang lain tak bisa membantu kecuali komentar yang mungkin menyakitkan? Jadi biarkan lah saja apa yang orang lain nilakan kepada kita. Aku akan mencintai diriku apa adanya, dan menjadi diriku yang kucintai apa adanya. Kenapa pula aku harus peduli pada pendapat orang yang mungkin tak punya sayang sedikitpun kepadaku? Orang yang sayang kepadaku pasti akan melihat sisi baikku, bukan hanya penampilan luarku.

La la
La nahtajul ma la
Kai nazdada jama la
Jauharna huna
Fi qalbi talala


Aku menghargai teman-temanku. Apapun penampilan mereka, aku tak akan mencela, atau memuji berlebihan. Aku juga tak akan meniru apa yang tidak perlu jika alasannya hanya untuk berbangga-bangga. Aku ikhlas menerima apa yang Tuhan berikan untukku. Aku akan menjadi diriku sendiri, dan bangga dengan apa yang sudah kumiliki.

No comments:

Post a Comment