Pages

Lumpuhkan Ingatanku – Geisha

Pengen nyoba nginterpretasi lagu berbahasa Indonesia. Nggak papa dong ya? Meskipun mungkin yang mendengar lagu ini sudah paham tanpa  harus membaca interpretasinya. Tanpa harus menilik sejarah maupun latar belakang ditulisnya lagu ini, akan kuinterpretasikan cukup berdasarkan liriknya saja.

Lagu ini dinyanyikan dengan syahdu. Dengan suara khasnya Momo yang mencubit hati ketika melantunkan lagu sendu. Lagu ini mengisahkan tentang ratapan hati seseorang yang secara semena-mena telah ditinggalkan oleh kekasihnya. Rasa terluka, rasa terabaikan, rasa harga diri yang terrendahkan, sangat menyiksa. Bukan kembali yang ia inginkan, namun kepastian hubungan, jalinan komunikasi yang terus berjalan. Akan tetapi, karena kekasihnya itu memiliki ego yang lebih tinggi, menganggap bahwa sekali hubungan itu diakhiri, maka komunikasipun harus di akhiri. Bukan takut akan kembali kan? Lebih ke karena takut harus menghadapi banyak pertanyaan.

Jangan sembunyi, kumohon padamu jangan sembunyi.
Sembunyi dari apa yang terjadi.
Tak seharusnya hatimu kau kunci.


Tetaplah berhubungan denganku, bukan, bukan sebagai kekasihku. Aku menyerah untuk kembali menjadi kekasihmu, karena itu sangat tidak mungkin. Aku tak tahu alasannya mengapa kau memutuskanku secara sepihak dan tiba-tiba. Mengapa kau ganti nomor hapemu? Aku bukannya ingin mempertanyakan alas an itu kok. Aku hanya ingin melalui proses ini secara halus, secara perlahan. Tiba-tiba kau tercerabut dari kehidupanku, membuat segala aspek hidupku berantakan. Kalau aku tetap tahu kabarmu, aku akan sedikit terhibur karena rinduku tak kan lagi menggunung. Apa kau takut aku akan merengek untuk kembali padamu? Jangan khawatir, aku berjanji tak kan melakukan hal itu.

Bertanya, cobalah bertanya pada semua
Di sini ku coba untuk bertahan
Ungkapkan semua yang ku rasakan


Kehilanganmu tidak serta merta menghilangkan rasa cintaku padamu. Aku masih merindukanmu segenap jiwaku. Tapi kau tak bisa kuhubungi. Berkali-kali aku menanyakan kabarmu pada teman-temanmu. Tapi mereka seolah tak peduli, atau mungkin kaulah yang membatasi mereka untuk tak member kabar apapun tentangmu. Aku merasa diperlakukan seperti penjahat yang menguntitmu. Hatiku semakin sakit karena hal itu. Tak bisakah kau biarkan aku tetap mengobrol biasa denganmu?

Kau acuhkan aku, kau diamkan aku
Kau tinggalkan aku

Tak ada kabar sama sekali. Waktu nomormu aktif lagi, telfonku selalu kau reject, atau tak kau terima. Smsku tak pernah kau balas. Di fb juga tak pernah kau tanggapi. Kau mengeliminasiku dari segala sendi kehidupanmu. Tak kau pikirkankah, itu tak hanya membuatku patah hati, tapi juga menghancurkan harga diriku. Bukankah kau sudah cukup menyakitiku hanya dengan mengakhiri hubungan kita?

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Ku ingin ku lupakannya


Aku kesepian, aku sendirian. Aku kesakitan seorangan. Aku benci diriku, aku benci dirimu yang selalu menghantui diriku. Aku benci diriku yang masih mencintaimu. Berulang kali kumohon pada Tuhan, agar dalam sekejap aku mampu melupakanmu. Agar tak ada kenangan apapun yang tersisa tentang dirimu. Rasanya sungguh menyakitkan mengingatmu.

Jangan sembunyi
Ku mohon padamu jangan sembunyi
Sembunyi dari apa yang terjadi
Tak seharusnya hatimu kau kunci

Cukup izinkan aku berbicara denganmu. Cukup biarkan aku tahu kabarmu. Aku tak kan memintamu kembali padaku. Apakah aku seburuk itu hingga kau mengunci hatimu padaku?

Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Ku ingin ku lupakannya
Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Hapuskan memoriku tentang dia
Hilangkanlah ingatanku jika itu tentang dia
Ku ingin ku lupakannya
Lumpuhkanlah ingatanku, hapuskan tentang dia
Ku ingin ku lupakannya
Kau acuhkan aku, kau diamkan aku
Kau tinggalkan aku

Tuhan, daripada aku menanggung kesepian ini sendirian, daripada aku menanggung luka diacuhkan ini sekian lama, kumohon, hapuskan dia dari memori otakku, Tuhan. Aku benci mengingatnya. Aku sakit menyebut namanya. Aku terluka menatap fotonya. Aku benci melihat segala hal yang berhubungan dengannya.

No comments:

Post a Comment