Pages

White Teeth Teens – Lorde

White Teeth Teens diartikan sebagai gerombolan gadis-gadis cantik di sekolah atau di lingkungan apapun, yang hanya mementingkan penampilan, gaya dan yang semacam itu. Yang cantiknya seperti seragam. Kalau di lingkungan kita, semacam anak-anak muda dengan pakaian mini, makeup minimalis tapi seksi, rambut lurus yang tidak asli. Lihatlah, di lingkungan kita, bahkan cantik pun diseragamkan. Iya kan? Ini kisah tentang Lorde di masa lalu, yang ingin juga mengikuti tren seperti itu, menjadi bagian dari kelompok cantik, dan tak pernah bisa. Tapi sekarang, ia bersyukur tak pernah terlibat di dalamnya. Karena, ia menyukai dirinya apa adanya.

[Verse 1:]
We wouldn't be seen dead here in the day
I guess you're lucky that it's dark now
And if I like it then we'll stay
Impress the empress, take a shot now


Hari ini, aku tetap tak bisa dibilang ketinggalan zaman. Karena, aku tak pernah menganut zaman apapun. Kurasa aku beruntung tak pernah ikut-ikutan mempermak diriku sendiri untuk menjadi sangat cantik. Karena , jika itu yang ingin kulakukan sejak dulu, aku masih bisa melakukannya sekarang.

[Pre-chorus:]
We got the glow in our mouths
White teeth teens are out
White teeth teens are up for it


Oh, aku pernah terpesona pada mereka-mereka yang terobsesi pada kecantikan rupa. Tampilan yang sama, kostum yang serupa, gaya yang sama. Aku sudah istimewa, kupikir begitu, tanpa harus melebih-lebihkan gayaku.

[Chorus:]
I know you love it when the hairpins start to drop
I like your reckoning, but we got our methods
And there's nothing here to stop, to stop this


Dunia mereka akan berakhir hanya jika penampilan mereka berantakan. Alangkah repotnya mereka menjaga semua itu. Sebenarnya mereka menyadari hal itu, tapi mereka tak peduli. Mereka hanya ingin terlihat cantik sepanjang hari. Demi sebuah tatapan kekaguman, demi sebuah pujian. Setelah itu, memangnya apa yang mereka cari?

[Verse 2:]
If you want we'll help tonight to split its seams
Give the bruises out like gifts
You'll get the picture of your dreams
I won't be smiling
But the notes from my admirers
Fill the dashboard just the same


Aku punya gayaku sendiri, yang tetap bisa menarik perhatian tanpa harus berlabel cantik. Aku bisa membantu kalian jika kalian ingin. Tapi  kalian tak mau, meski badan penuh biru-biru, cantik tetap nomer satu. Slogan kalian selalu seperti itu. Beautiful is pain. Cantik itu sakit. Supaya difoto terlihat cantik, supaya banyak yang nge-like saat diupload. Oh, aku tidak terpesona pada hal-hal yang seperti itu. Aku hanya akan tertawa, jika yang kalian inginkan hanyalah sebuah kekaguman yang semu.

[Chorus:]
I know you love it when the hairpins start to drop
I like your reckoning, but we got our methods
And there's nothing here to stop, to stop us when we're up for it
I know you love it when the hairpins start to drop
I like your reckoning, but we got our methods
And there's nothing here to stop, to stop this?
(And everything works out so good
I wear the robe like no one could)


Sudahlah, kalian hanya menipu diri kalian sendiri dengan cara yang menyakitkan. Tapi itulah pilihan hidup. Kalian tahu, tapi kalian memilih untuk tetap seperti itu. Hanya demi sebuah pujian, kalian rela melakukan perawatan yang menyakitkan. Dan lihatlah apa yang kalian raih sekarang? Tak ada, karena otak kalian dibatasi hanya untuk memikirkan tentang segala hal tentang kecantikan. Aku baik-baik saja sekarang, meski dulu aku ingin menjadi seperti kalian.

[Bridge:]
I'll let you in on something big
I am not a white teeth teen
I tried to join but never did
The way they are, the way they seem is something else, it's in the blood
Their molars blinking like the lights, in the underpass where we all sit
And do nothing
And love it


Aku pernah sangat ingin menjadi seperti kalian. Cantik dan menawan. Tapi tak pernah bisa. Tampangku tak pernah memenuhi syarat untuk menjadi seperti kalian. Apalagi, usahaku untuk menjadi cantik sangat berbeda dengan kalian. Gaya kalian sepertinya memang sudah ada sejak kalian lahir. Jadi, kalau kalian terobsesi pada hal-hal seperti itu, ya memang kalian terlahir seperti itu. Senyum kalian bersih dan menawan, tapi otak kalian kosong tak berisi pengetahuan apapun tentang hidup. Tapi karena kalian memang terlahir seperti itu, kalian menyukai yang seperti itu. Hidup kalian, memang khusus didedikasikan hanya untuk sebuah pujian.

[Outro:]
And everything works out so good
I wear the robe like no one could
We got the glow in our mouths
White teeth teens are out
White teeth teens are out


Dan aku, sekarang sangat bahagia, karena tak jadi terlibat dengan kalian. Aku bebas menentukan gayaku, tanpa harus berlabel cantik. Tapi aku tetap bisa mempesona, dengan caraku sendiri, dengan gayaku sendiri. Para white teeth teen? Pergi saja ke laut!

1 comment: