Pages

Gravity - Coldplay

Liriknya kiasan semua, sampai bingung menginterpretasikannya. Apalagi dalam kondisi otak yang hampir beku karena sekian lama tak menulis.
Bagiku, lagu ini adalah tentang kiasan jatuh cinta. Awal PDKT, menunda-nunda sampai tak terasa waktu berlalu begitu saja. Namun rasa cinta itu bukannya semakin sirna, melainkan semakin besar adanya. Sang kekasih bagaikan matahari, yang ketika dilihat di satu titik, akan menyilaukan dan menyakitkan mata. Namun jika dilihat sebagai benda langit dengan segala hal disekelilingnya, maka akan jadi indah dan lebih berguna. Begitu pula cinta. Jika hanya fokus pada cinta yang egois, maka kehancuranlah yang ada. Namun jika energi cinta itu disalurkan untuk kegiatan positif lainnya, maka semua hal yang dilakukan akan terasa semakin indah jadinya.

Honey
It's been a long time coming
And I can't stop now
Such a long time running
And I can't stop now

Sayangku, sekian lama sudah waktu berlalu. Tak mungkin jika aku berhenti begitu saja sekarang ini. Aku harus terus melanjutkannya, seperti waktu yang juga tak pernah berhenti berlalu.

Do you hear my heart beating
Can you hear that sound
'Cause I can't help thinking
That I don't look down

Bisakah kau dengar detak jantungku? Suaranya begitu mendayu, mengiringi setiap mimpiku. Aku tak bisa berhenti memikirkan semua itu. Aku terus menengadah, berkhayal.

And then I looked up at the sun
And I could see
The way that gravity turns for you and me
And then I looked up at the sky
And saw the sun
And the way that gravity turns on everyone
On everyone


Kutengadahkan wajah, dan kulihat kita mengerucut. Ternyata, daya tarik bumi telah mempersatukan kau dan aku. Kutengadahkan wajah kembali, dan kulihat matahari, memancarkan sinarnya, dan daya tariknya kepada semua orang.

Baby
It's been a long time waiting
Such a long, long time
And I can't stop smiling
No I can't stop now


Sayangku, telah kulalui waktu sekian lama, namun, aku tetap tersenyum. Bahkan aku tak bisa berhenti tersenyum saking bahagianya.

Do you hear my heart beating
Oh do you hear that sound
'Cause I can't stop crying
And I won't look down


Bisakah kau mendengar detak jantungku? Andai kau bisa mendengar suaranya, kau akan tahu bahwa aku sedang menangis. Dan tangisku tak bisa berhenti. Tapi aku tak sanggup menundukkan wajahku.

And then I looked up at the sun
And I could see
Oh the way that gravity turns
On you and me
And then I looked at the sun
And saw the sky
And the way that gravity pulls on you and I
On you and I


Maka kutengadahkan saja wajahku, menantang matahari. Tetap saja gravitasi ini menarikku kepadamu. Kutatap lagi matahari, dan kulihat langit luas di sekitarnya. Namun kini, gravitasi itu memberiku kendali, untuk tetap menjadi diriku sendiri.

6 comments: