Pages

Don’t Be So Hard On Yourself – Jess Glynne

Sembuh dari luka hati dan jiwa memang tak bisa diusahakan oleh orang lain. Kegagalan, dalam hal apapun, hanya bisa disembuhkan oleh diri kita sendiri. Oleh kata-kata optimis dan positif yang selalu kita dengungkan. Sekali kita berfikir negative, maka pikiran itu akan terus menggerogoti sampai kita tak tahan lagi.

I came here with a broken heart that no one else could see
I drew a smile on my face to paper over me
The wounds heal and tears dry and cracks they don't show
So don't be so hard on yourself, no

Aku mendatangi tempat ini dengan membawa hati yang hancur. Akan tetapi, untuk apa jika kutunjukkan semua rasaku di tempat umum? Biarlah rasa ini kusimpan sendiri, dengan memulas senyuman untuk menutupi luka hati. Toh, lukaku ini akan sembuh. Air mataku pun akan mengering. Hatiku yang retak? Ah, tak akan ada yang melihat semua itu. Jadi, aku tak akan memaksakan apapun pada diriku. Jadi, janganlah merasa tak enak hati di depanku.

Let's go back to simplicity
I feel like I've been missing me
Was not who I'm supposed to be
I felt this darkness over me
We all get there eventually
I never knew where I belonged
But I was right and you were wrong
Been telling myself all along


Mari kita mulai lagi dari awal, dari sebuah kesederhanaan. Sepertinya aku pernah kehilangan jati diriku. Aku merindukan diriku yang dulu. Aku yang sekarang terasa tak lagi nyaman kusandang. Seperti ada bayangan kegelapan yang selalu melayang-layang. Aku tahu aku tak sendirian saat itu. Kita selalu bersama-sama. Dulu, aku tak tahu di mana aku seharusnya berada. Tapi saat ini, apa yang kuyakini adalah benar, dan bagiku kau salah. Meski pemikiran seperti itu tak pernah kuungkapkan, hanya kugumamkan pada diriku sendiri saja.

Don't be so hard on yourself, no
Learn to forgive, learn to let go
Everyone trips, everyone falls
So don't be so hard on yourself, no
'Cause I'm just tired of marching on my own
Kind of frail, I feel it in my bones
Oh let my heart, my heart turn into stone
So don't be so hard on yourself, no


Tak usahlah memaksakan diri. Tak usahlah merasa tak enak hati. Aku mencoba untuk memaafkan segalanya, mengikhlaskan segalanya. Semua orang pernah berpetualang dalam hidupnya. Hampir semua orang pernah merasakan kegagalan. Jadi, tak perlu lah memaksakan diri. Terlalu lelah rasanya menjalani segala hal terus-menerus. Bekerja membanting tulang, berusaha maksimal, hingga hatiku membatu. Sekarang saatnya santai, tak terlalu memaksakan diriku. Aku telah menerima semuanya.

I'm standin' on top of the world, right where I wanna be
So how can this dark cloud keep raining over me
But hearts break and hells a place that everyone knows
So don't be so hard on yourself, no


Sekarang, aku sudah berada di puncak yang kuinginkan. Kupikir tak elok rasanya jika kegelapan ini masih mempengaruhiku. Akan tetapi hatiku tak bisa membohongiku. Aku kesakitan, dan semua orang tahu.

Oh, oh, oh, I
I learned to wave goodbye
How not to see my life
Through someone else's eyes
It's not an easy road
But now I'm not alone
So I, I won't be so hard on myself no more


Ingin rasanya kuucapkan selamat tinggal pada semuanya. Kusesali semua yang telah kulalui. Aku tak rela hidupku dinilai oleh orang-orang di sekitarku. Mereka tak pernah tahu apa yang sebenarnya kualami dalam diriku. Akan tetapi, kini aku tak peduli lagi. Aku pasrah, karena ternyata bukan hanya aku yang mengalami kehancuran seperti ini. Maka, aku tak akan menghukum diriku lagi.

No comments:

Post a Comment