Pages

Gold – Imagine Dragons

Nasehat sederhana dari lagu ini adalah, jangan berlebihan. Ketika sudah terbiasa makan enak, maka rasa-rasanya tak ada lagi restoran yang sanggup membuat masakan enak. Semua pernah dicicipi, hambar. Ketika berlian terbesar telah dimiliki, tak ada lagi berlian yang lebih indah di dunia. Semua terlihat sama, kerdil. Ketika rumah super mewah telah ditinggali, tak ada lagi kebahagiaan menghuninya. Semua terasa kosong, hampa. Itulah jika kita selalu menuruti keinginan. Pada akhirnya, keinginan itu akan terus merongrong, meminta lebih, hingga merasa frustasi karena tak lagi mendapatkan lebih.

first comes the blessing of all that you've dreamed
but then comes the curses of diamonds and rings
only at first did it have its appeal
but now you can't tell the false from the real
who can you trust, who can you trust


pertama-tama, ada rasa syukur dan terberkati saat semua mimpi tergapai. Lalu, ketika terikat dengan selingkar cincin berlian, kutukan pun seolah datang bertubi-tubi. Hanya pada awalnya saja kelihatan menyenangkan. Akan tetapi, kini kau pun tak bisa untuk menceritakan kembali kekeliruan yang terjadi tidak di alam mimpi. Siapakah kini yang bisa kau percayai?

when everything, everything, everything you
touch turns to gold, gold, gold
everything, everything, everything you touch
turns to gold, gold, gold, gold, gold, gold


bukan lagi hal yang menyenangkan jika semua impian yang muluk-muluk yang pernah kau pikirkan ternyata berubah menjadi petaka. Ketika kau seperti raja midas, yang bisa mengubah apapun yang kau sentuh menjadi emas, awalnya memang terlihat menyenangkan. Tapi akhirnya? Tak lagi menyenangkan jika semua yang kau sentuh berubah menjadi emas.

statues and empires are all at your hands
water to wine and the finest of sands
when all that you have is turning stale and it's cold
oh you no longer feel when your heart's
turned to gold
who can you trust, who can you trust


kau mungkin akan mendapatkan segalanya. Patung kebanggaan, kerajaan, seluruh kekuasaan ada di tanganmu. Menyenangkan jika dibayangkan. Kau mungkin akan berbahagia jika bisa mengubah air biasa menjadi anggur yang menyegarkan. Semuanya hanya akan menyenangkan di awal. Tapi selanjutnya, ketika semua emas di dunia telah kau kumpulkan, dan bahkan hatimu pun berubah menjadi emas, maka semua kesenangan itu pun akan menjadi basi, tak berguna. Setelah itu, siapa lagi yang bisa kau percaya?

I'm dying to feel again
oh anything at all
but oh I feel nothing, nothing, nothing


aku, sangat-sangat ingin merasakan kembali, ketidakpunyaan setelah memiliki segalanya. Karena ketidak punyaan memunculkan harapan. Sedangkan kepemilikan, apalagi segalanya, memunculkan kehampaan.

1 comment: