Pages

Mad Hatter – Melanie Martinez

 Aku tidak ingin mengartikan kegilaan dalam lagu ini sebagai sesuatu yang negatif. Aku hendak mengambil sisi positifnya saja, ketika proses menciptakan sesuatu, sebagai bentuk kreatifitas yang mungkin tidak sama dengan aturan pada umumnya akan dianggap gila, maka biarkanlah kegilaan itu bekerja, demi sesuatu yang lebih baik untuk masa depan.

One, two, three
My friends don't walk, they run
Skinny dip in rabbit holes for fun
Popping, popping balloons with guns
Getting high off helium


Satu, dua, tiga. Kuberi kalian sebuah cerita. Lihatlah kawan-kawanku yang ceria, yang membuat hidupku penuh warna. Mereka tidak melangkah pelan-pelan di tanah. Mereka berloncatan ke angkasa. Melongok lubang-lubang kelinci yang gelap untuk menemukan kejutan mereka. Atau menembaki balon yang mengudara, terpesona pada suara letusannya dan sakaw pada aroma helium yang menguar dari dalamnya. Itulah aku, dan teman-temanku yang ‘gila’.

We paint white roses red
Each shade from a different persons head
This dream would be the killer
Getting drunk with the green caterpillar


Bersama, kami mewarnai mawar-mawar yang putih pucat menjadi merah merona. Menertawakan betapa berbedanya bayangan tiap-tiap orang. Karena impian-impian kami yang liar, bisa saja membunuh semua kreatifitas kalian. Kami mabuk, bersama ulat keket hijau yang menjijikkan.

You're peeling the skin off my face
Maybe unsafe
The normales they make me afraid
The crazies they make me feel safe


Tak mengapa meski kau menguliti wajahku. Memang tak aman bersama para pemikir gila seperti kalian. Tapi orang-orang normal justru membuatku ketakutan. Karena mereka suka sekali mengkotak-kotakkan kehidupan. Aku suka kalian, teman-teman. Semakin gila, kita semakin berkembang.

I'm nuts, baby, I'm mad
Craziest friend that you've ever had
You think I'm psycho, you think I'm gone
Tell the psychiatrist something is wrong


Aku memang gila. Aku sinting. Mungkin akulah teman tergila yang kalian miliki. Silakan berfikir aku ini seorang psycho. Silakan pikir aku sudah tak waras. Silakan panggil para pskiater dan katakan pada mereka bahwa ada yang salah denganku.

Oh, the band, entirely bonkers
You like me best when I'm off my rocker
Tell you a secret: I'm not alarmed

Lihatlah band itu, mereka sudah sangat-sangat gila. Mereka menggila karena mereka kreatif menciptakan karya. Bukankah kalian juga sangat menyukaiku saat aku mengeluarkan kreatifitasku? Lalu mengapa kalian membenciku karena kegilaanku? Kuberitahu satu hal, aku tak takut pada kalian. Karena kegilaanku memunculkan banyak ide yang kalian sukai kemudian.

So what if I'm crazy? The best people are
All the best people are crazy
All the best people are
Where is my prescription?
Doctor, doctor, please, listen


Memangnya kenapa kalau aku menggila? Orang-orang terbaik di seluruh dunia itu dulunya juga disebut gila. Hingga kemudian ide mereka disuka, dan mereka yang pada akhirnya digilai semuanya. Mana resep untuk menghilangkan kegilaanku? Adakah dokter yang mampu?

My brain scattered
You can be alice, I'll be the mad hatter
You're peeling the skin off my face

Lihatlah, otakku berceceran. Ideku terbuang begitu saja. Kau bisa saja memilih jadi alice yang normal dan lugu. Aku akan menjadi anti-mainstream, karena kalian semua telah mengikis rasa malu dari wajahku.

No comments:

Post a Comment