Pages

Listen – Beyonce

Jeritan hati yang meminta untuk didengarkan karena telah sekian lama diacuhkan. Ada, tapi dianggap tak ada.

Listen to the song here in my heart
A melody I start but can't complete
Listen to the sound from deep within
It's only beginning to find release


Kumohon dengarkanlah lagu yang kunyanyikan dalam hatiku ini. Lagu yang tak sempurna, karena aku memang tak menyelesaikan semuanya. Yang terpenting  adalah, dengarkanlah suara yang keluar dari dalam hatiku, intinya, karena aku sudah merasa sangat terdesak untuk mengungkapkan segalanya.

Oh, the time has come for my dreams to be heard
They will not be pushed aside and turned
Into your own all 'cause you won't
Listen


Kupikir, sudah waktunya mimpi-mimpiku terutarakan. Aku tahu mereka tak akan berani menyingkirkanku ataupun berpaling dariku untuk menuju kepadamu, karena mereka tahu kau tak kan pernah mau mendengarkan.

Listen, I am alone at a crossroads
I'm not at home in my own home
And I've tried and tried to say what's on my mind
You should have known (oh)


Dengarkanlah, aku sendirian di persimpangan tak tahu harus ke mana memilih jalan. Bahkan pulang pun rasanya sungguh tak nyaman. Aku berada di lingkunganku, namun seolah tak mengenal semua orang. Aku telah mencoba sekuat tenaga untuk mengungkapkan apa yang kupikirkan agar engkau tahu semua isi hatiku.

Oh, now I'm done believing you
You don't know what I'm feeling
I'm more than what you made of me
I followed the voice you gave to me
But now I've gotta find my own


Karena, kupikir sudah cukup aku mempercayai dirimu. Kau tak pernah mau mengerti perasaanku. Tahukah kau kalau aku sudah menjadi manusia yang lebih baik dari yang pernah kau bentuk? Aku punya hati sekarang. Aku punya pemikiran sekarang. Dulu aku mendengar semua kata-katamu, namun sekarang aku memutuskan aku berhak punya pendapatku sendiri.

You should have listened, there is someone here inside
Someone I thought had died so long ago
Oh, I'm screaming now and my dreams will be heard
They will not be pushed aside or worse
Into your own all 'cause you won't
Listen


Kau harusnya mau mendengarkan, bahwa ada jiwa seseorang dalam diriku. Seseorang yang kupikir telah mati lama sekali, diriku sendiri. Kini aku sadar, aku butuh pelampiasan. Jiwaku yang mati mengajak untuk bangkit kembali. Sekarang aku akan meneriakkan semuanya. Tak ada yang akan berani menghalangi, ataupun berpaling pergi. Aku harus melakukannya, karena kau tak pernah mau mendengarku.

Listen, I am alone at a crossroads
I'm not at home in my own home
And I've tried and tried to say what's on mind
You should have known


Kau tak peduli pada diriku dan keadaanku sekarang yang kebingungan dan sendirian di persimpangan, tak tahu harus ke mana memilih jalan. Bersamamu rasanya menyesakkan. Di rumah sendiri tapi malah tidak nyaman. Aku terkungkung. Harus kubebaskan segala perasaan ini agar kau mendengar apa yang sebenarnya kuinginkan.

Oh, now I'm done believing you
You don't know what I'm feeling
I'm more than what you made of me
I followed the voice you gave to me
But now I've gotta find my own

Karena aku sudah berhenti percaya kepadamu. Tak akan lagi kuturuti kata-katamu. Aku memiliki pendapatku sendiri sekarang dan akan kusampaikan pada semua orang.

I don't know where I belong
But I'll be moving on
If you don't, if you won't


Oh alangkah bingungnya driku karena aku tak tahu siapa sebenarnya diriku dan apa yang harus kulakukan. Tapi aku tak boleh menyerah. Aku harus berjuang mendapatkan apa yang kuinginkan. Meski kau tak setuju, meski kau tak mau membantu.

Listen to the song here in my heart
A melody I start but I will complete

Sekarang giliranmu yang harus mendengarkanku. Dengarkanlah lagu yang tak sempurna ini, rencana yang tak matang ini, yang penting aku merdeka.

Oh, now I'm done believing you
You don't know what I'm feeling
I'm more than what you made of me
I followed the voice you think you gave to me
But now I've gotta find my own
My own.


Karena kini aku berhenti mempercayaimu, berhenti mendengarkan kata-katamu, mencoba untuk mengutarakan apa saja yang ada dibenakku, pendapatku sendiri, keinginanku sendiri.

No comments:

Post a Comment