Pages

Imagine – John Lennon

Lagu ini adalah khayalan belaka, meski dilatarbelakangi keinginan kuat pada khayalan itu. Akan tetapi, mohon jangan diambil hati beberapa kata yang mungkin tidak sesuai, namanya juga ngelantur, boleh dong menyampaikan apapun. Anggap saja hiburan, bukan berarti untuk mengajak keburukan.

Imagine there's no Heaven
It's easy if you try
No hell below us
Above us only sky
Imagine all the people
Living for today


Yang ini kesannya meremehkan Tuhan. Padahal, banyak dari kita yang juga pernah berfikir seperti ini lho.

Bayangkan saja jika tak ada syurga, tak ada neraka, kita bebas melakukan apapun. Kebaikan tak harus dibalas dengan syurga, keburukan tak harus diancam dengan neraka. Yang ada hanyalah dunia yang damai, dan langit indah membentang biru di atas sana. Bayangkan jika semua orang tak pernah mati, hidup selamanya di dunia ini.

Imagine there's no countries
It isn't hard to do
Nothing to kill or die for
And no religion too
Imagine all the people
Living life in peace

Yang ini bisa dianggap pemberontak. Padahal, banyak juga dari kita yang sudah muak, dengan segala birokrasi yang ribet dan pemerintahan yang tak bisa dipercaya. Kalimat berikutnya juga bisa dianggap atheis, padahal ini hanya kesumpekan dengan perseteruan antar agama yang tidak ada habisnya dan memalukan.

Bayangkan jika di dunia ini tak ada lembaga Negara. Tak akan sulit bagi kita mengurus segala sesuatunya. Hidup akan berjalan sederhana saja, tanpa administrasi yang rumit dan melelahkan. Tak ada lagi perang, saling membunuh karena berebut kekuasaan.

Bayangkan jika di dunia ini tak ada label agama. Yang ada hanya kasih Tuhan dan keimanan, tanpa label agama. Tak perlu saling bertikai, tak perlu saling membedakan. Mungkin, dengan begitu, orang-orang akan hidup dengan damai dan menyenangkan.

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will be as one


Katakan saja aku ini ngelindur, ngelantur, atau bermimpi di siang bolong. Kukira bukan hanya aku saja yang pernah berfikir seperti ini. Kuharap kalian semua akan memikirkan hal ini suatu hari nanti. Dunia yang tanpa embel-embel, hanya satu kesatuan, kemanusiaan.

Imagine no possessions
I wonder if you can
No need for greed or hunger
A brotherhood of man
Imagine all the people
Sharing all the world


Bayangkan jika di dunia ini tak ada uang. Tak ada hutan yang dihabiskan hanya untuk menggendutkan perut. Tak ada laut yang dikuras hanya untuk menggendutkan dompet. Tak ada hewan-hewan tak layak bunuh hanya untuk bersenang-senang. Jika dunia ini milik bersama, tak akan ada keserakahan, tak akan ada kelaparan. Yang berlebih akan berbagi, yang kekurangan akan ikut memiliki. Senangnya jika tak ada nafsu pribadi untuk memiliki dunia ini.

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one


Kalian boleh mengatakan aku ngelantur, padahal kalian juga mengangguk-angguk mendengar laguku, ikut berkhayal betapa damainya dunia tanpa keserakahan pihak tertentu.

No comments:

Post a Comment