Pages

Distance – Christina Perri

Kupikir, lagu ini bercerita tentang persahabatan, awalnya. Sebuah persahabatan yang tanpa disadari menumbuhkan benih-benih cinta. Tak ada yang berani mengungkap rasa. Masing-masing khawatir jika kata itu terucap, maka kedekatan mereka akan sirna, dan kata ajaib itu akan sia-sia.

The sun is filling up the room
And I can hear you dreaming
Do you feel the way I do right now?
I wish we would just give up
Cause the best part is falling
Call it anything but love

Aku masih melihatmu, di kelas ini, di ruangan yang sama setiap hari. Namun aku sadar, hatiku tak lagi sama. Hari ini, saat kulihat dirimu duduk bercanda dengan teman-teman kita yang lain, mentari pagi membiaskan sinarnya di puncak kepalamu, menerangi sebagian pipimu, aku terpesona. Tanpa aba-aba, jantungku berdetak lebih kencang. Aku tak tahu kenapa, tapi saat kau menoleh, rasanya aku tak berani bertatap mata. Aku memilih duduk di bangkuku, sesekali melirikmu yang juga melirikku. Biasanya aku tak kan berfikir macam-macam. Tapi hari ini, aku jadi penasaran, apakah kau merasakan hal yang sama saat menatapku? Ataukah tatapanmu itu mengandung kecurigaan bahwa ada yang berubah di diriku? Oh, aku khawatir sekali. Tak biasanya aku merasa tak nyaman di dekatmu. Kita biasanya dekat, sangat akrab hingga lebih dari sahabat. Banyak yang bilang beda jenis kelamin tak bisa berakrab-akrab tanpa berakhir dengan jatuh cinta. Hampir enam tahun bersama, kurasa tak ada yang membuktikan itu pada kita. Kecuali hari ini, hatiku berhianat pada janji. Mungkin, karena rasa itu lah akhir-akhir ini perhatianmu padaku terasa lebih special. Aku tak berani berharap sejauh itu. Kupikir bukan cinta yang kau berikan. Tak apa, asal kita masih tetap sedekat ini. Aku sudah cukup bahagia bersamamu setiap hari. Hei, tapi aku sendiri yang tidak nyaman. Karena setiap kali bersamamu, hatiku tak karuan. Apa benar ini cinta? Haruskah kuungkapkan? Tidak, tidak, menyatakan jatuh cinta padamu berarti bencana pada persahabatan kita. Aku terlalu takut. Meski kadang ingin kucoba, apapun hasilnya. Kadang ingin kunekat saja, asal hati ini lega. Tapi tidak, kau jauh lebih berharga dari apa yang kurasa.

And I will make sure to keep my distance
Say "I love you" when you're not listening
How long can we keep this up, up, up?


Karenanya, maafkan aku jika sekarang aku agak menjaga jarak. Aku tahu kau akan semakin menggodaku dan mendekatiku jika aku menjauh. Mau bagaimana lagi, aku suka dirimu yang seperti itu. Tak apa, aku bisa mengatakan rasa ini padamu. Dalam diam, dalam tatapan yang tak kan pernah kau lihat, dalam bisikan yang tak kan pernah kau dengar. Rasa ini membuatku kege-eran, kadang kurasa kau juga jatuh cinta padaku. Dari tatapan matamu, senyummu yang seindah itu yang hanya untukku, perhatianmu, semuanya seolah hanya milikku. Tapi sebelum ada ikrar dari bibirmu, aku tak berani menyimpulkan bahwa kau jatuh cinta padaku. Oh, Tuhan. Sampai kapan aku bisa beertahan memendam semua ini?

And please don't stand so close to me
I'm having trouble breathing
I'm afraid of what you'll see right now
I'll give you everything I am
All my broken heart beats
Until I know you'll understand


Aku ingin terus berdekatan denganmu. Aku tak mau kau tiba-tiba menghilang dari hidupku. Tapi, jika kau terlalu dekat denganku, aku jadi sulit bernafas. Jantungku berdentum kencang seperti menabuh genderang. Aku takut dalam keadaan seperti ini, kau akan melihat tatapan cinta di mataku. Aku takut kau akan mendengar bisikan lirihku, yang mungucap bahwa aku mencintaimu. Karena, kau tahu benar bagaimana diriku jika jatuh cinta. Aku tipe yang akan memberikan apapun pada cintaku. Dan aku tahu benar kau tidak suka tipe menyerah seperti itu. Karenanya, rasa ini harus kusembunyikan. Aku akan menunggu, hingga tipe kesukaanmu berubah, dan kemungkinan kau bisa menerimaku.

And I keep waiting
For you to take me
You keep waiting
To save what we have

Aku akan terus menunggu. Dengan menjaga jarak darimu. Bukan kebersamaan kita yang kuhindari, tapi keintiman kita yang kubatasi. Kalau kau bertanya-tanya, kubilang saja aku sedang jatuh cinta. Kau pasti akan menggodaku untuk tahu siapa orangnya. Dulu aku meminta bantuanmu. Kali ini, tak akan sekalipun kuungkap lewat bibirku. Aku hanya akan menunggu, demi persahabatan kita. Kelak, jika kita kuliah terpisah, kau akan tahu ada aku di sini yang mencintaimu.

1 comment:

  1. Ketika aku mau dengar lagu ini, aku iseng cari arti lagu nya, dan berakhir diblog ini. Awalnya aku berpikir ini lagu tentang sepasang kekasih yang dipisahkan oleh jarak krn judulnya distance. Dan sbkum2 nya aku mendengar kan lagu ini tnp mengetahui liriknya. Lalu apa yang aku dapat kan ? DUARR! aku hanya iseng tapi malah mendapati makna lagu ini seperti apa yg sedang aku rasakan saat uni. Persis sekali, nyaris sama. Apalagi ada kata "6 tahun" aku merasa bahwa kamu sdg menuliskan kisah hidupku. Tentu dengan rasa bimbang yg sama dengan makna yang kamu tulis, hingga saat ini aku hanya menahan perasaan krn "dia" lebih berharga dari apa yg aku rasakan. aku juga gatau apa akhir dr yg aku rasakan ini, apakah membiarkan perasaan ini pergi perlahan atau mengungkapkan nya dan dihadapkan pada 2 pilihan, menjadi pacar atau teman biasa krn perasaan ini akan membuat "kami" berdua berbeda satu dan lain nya.

    Thankyou mengartikan lagu ini dan aku menuliskannya nyaris sama dengan yg aku rasakan

    ReplyDelete