Pages

Clarity - Zedd

Cinta itu buta. Kemurniannya tak mengindahkan segala status dan rupa. Mengalahkan akal sehat bagi para pengidapnya. Setidaknya, menurutku lagu ini seperti itu interpretasi sederhananya. Cinta yang harusnya tak boleh dilanjutkan, tapi tak berdaya pada keinginan hati untuk terus dan terus menyemainya.

High dive into frozen waves
Where the past comes back to life
Fight fear for the selfish pain
And it's worth it every time
Hold still right before we crash
Cause we both know how this ends
our clock ticks till it breaks your glass
And I drown in you again


Serasa menyelami lautan yang beku. Kaku dan perih. Ombak yang menghadang pun keras dan tangguh. Kau adalah lautan itu. Lautan masa lalu yang pernah berdebur di hatiku. Kini, bukan lagi masa lalu ombakmu yang menyapaku. Riakmu menyentuh kaki-kaki telanjangku kembali. Ketakutan akan rasa dingin yang merambati seketika menggangguku. Seperti halnya ketakutanku akan terluka lagi karenamu. Tapi sentuhan itu pasti menyenangkan. Sejuk dan basah. Aku memilih diam di jarak aman, agar tak terjangkau ombak yang ke tepian. Memilih untuk tak lagi tersentuh olehmu meski hatiku sangat ingin. Karena aku tahu akan seperti apa akhir ceritanya jika kubiarkan diriku tercebur ke lautan cintamu lagi. Cinta yang sangat luas dan dalam yang tak kan lagi sanggup ku tamping di hatiku. Kita hanya akan saling menyakiti pada akhirnya.

Cause you are the piece of me
I wish I didn't need
Chasing relentlessly
Still fight and I don't know why


Karena, kau akan selalu menjadi bagian dari hidupku, bagian dari kisah cintaku. Kisah cinta masa lalu yang jika aku diizinkan untuk mengulangnya kembali, tak ingin kurenda, tak ingin kucoba. Kuharap dulu aku tak butuh dirimu untuk menyembuhkan lukaku. Kuharap aku tak pernah terluka. Tapi, ternyata hidup itu kadang mengejutkan. Aku selalu mengejar cinta tanpa henti, terus dan terus tanpa tahu mengapa aku melakukannya.

If our love is tragedy why are you my remedy
If our love's insanity why are you my clarity

Cinta kita adalah cinta yang tidak seharusnya terjadi. Cinta yang tak pantas. Beberapa orang akan menyebut kisahku sebagai tragedy. Sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah luka, penyembuhnya orang yang tak seharusnya kumiliki. Bahagia, sekaligus terluka dua kali.

Walk on through a red parade
And refuse to make amends
It cuts deep through our ground
And makes us forget all common sense
Don't speak as I try to leave
Cause we both know what we'll choose
If you pull, then I'll push too deep
And I'll fall right back to you

Kisahku pernah pula ramai dan ceria. Saat proses penyembuhan luka hati itu, ada bahagia yang kurasa. Aku tahu harusnya tak kuteruskan, tapi kutahankan karena aku butuh dirinya, aku suka terlingkupi oleh cintanya. Harga diriku, prinsipku, tak lagi kugunakan. Akal sehatku tak lagi kugunakan. Aku hanya berkaca pada hatiku. Tolong, jangan bicara apa-apa saat aku berusaha untuk melepasmu. Karena, ucapanmu akan menggoyahkan hatiku, lagi. Kita berdua tahu apa yang harusnya kita pilih, sekaligus tahu apa yang akan kita pilih. Kita pasti memutuskan untuk mempertahankan cinta ini apapun yang terjadi. Aku tahu jika kau menarikku kembali ke sisimu, aku akan mendorongmu jauh-jauh awalnya, tapi kekeuatanku yang tak seberapa hanya akan membuatku kembali terjatuh ke sisimu.

Cause you are the piece of me
I wish I didn't need
Chasing relentlessly
Still fight and I don't know why


Karena bagaimanapun, kau adalah bagian dari hidupku. Kepingan kisah cintaku yang tak kan pernah terhapus dari hatiku. Aku terus berusaha menggapai cintamu, dulu, tanpa tahu sebabnya.

If our love is tragedy why are you my remedy
If our love's insanity why are you my clarity

Jika cinta ini adalah tragedy, mengapa harus kau yang mengobati? Kau menambah drama dalam tragediku. Jika cinta ini adalah kegilaan, mengapa kau yang membuatku waras, tapi menghilangkan akal sehatku?

...Why are you my remedy
...Why are you my remedy

Mengapa harus kau yang jadi dokter cintaku?

If our love is tragedy why are you my remedy
If our love's insanity why are you my clarity

Jika cinta ini adalah tragedy, mengapa harus kau yang mengobati? Kau menambah drama dalam tragediku. Jika cinta ini adalah kegilaan, mengapa kau yang membuatku waras, tapi menghilangkan akal sehatku?

26 comments:

  1. dalam banget, nyentuh banget interpretasinya...
    bdw kamu study sastra ato gimana?

    ReplyDelete
  2. Hehehe. Enggak sih. Kebetulan saja suka sastra.

    ReplyDelete
  3. Tumbs up..naila..

    ReplyDelete
  4. kereeen banget :)

    ReplyDelete
  5. Cerdas sekali ~

    ReplyDelete
  6. seperti kisah guee haha

    ReplyDelete
  7. anjrittttttt wadapaaakkkk ini lagu!!! mantap maacieh naila terimakasih kamu sudah menjatuhkan air mataku lagi :'( :'(

    ReplyDelete
  8. Merasakan yang sama..

    ReplyDelete
  9. nilaa...coba interpretasikan lagu skinny love by birdy dong hehe.. makasih yaa :)

    ReplyDelete
  10. Pengen Ngerasain juga, tapi takut juga.... Hahahaha...

    ReplyDelete
  11. Nayla setelah aku baca penjabaran km sama lirik2 lagu2. Aku jadi nge fans ama dasyat km..

    ReplyDelete
  12. wow,,,,, zeed again and againd...

    ReplyDelete
  13. seperti situasi hub.ku dengan pacar. mengutip kata2mu diawal "Cinta itu buta. Kemurniannya tak mengindahkan segala status dan rupa. Mengalahkan akal sehat bagi para pengidapnya." ya,,,, cinta beda prinsip, beda keyakinan #different religion. thx say good buat interpertasinya. luluh saya

    ReplyDelete
  14. keren itu mirip banget ma cerita cintaku

    ReplyDelete
  15. Hebat bgt emg nih mba naila, blh q tebak mba naila org farmasi yah? Hebat bza ngalahin org sastra

    ReplyDelete
  16. Asem dalem benerrr makna nya euy...:(

    ReplyDelete
  17. keren beuh ga beda jauh sama yang aku alami

    ReplyDelete
  18. Keren gilaaaaa..walau itu bkan kisahQ

    ReplyDelete
  19. sama seperti yang kurasakan dengan belahan jiwaku indun

    ReplyDelete
    Replies
    1. cinta kmu selamanya...... kmu tak pernah tergantikan adilaku

      Delete
  20. Makna lagu zedd ini untuk kaum LGBT.. Di MV juga tentang lesbian yg jtuh cinta tapi sulit melupakan karena cita mereka terlarang.

    ReplyDelete
  21. Semangat ka nailaaa. Bagus interpetasi nya. Manfaat kan kebolehanmu ini. Gausah denger katakata negatif dri mereka. Jadi diri sendiri. Pertahankan kebolehan mu ini. Tingkatakan kembangkan lagi. Sukses ya! Aamiin^^

    ReplyDelete
  22. Paling paling paling paling benci kl ada kisah yg haru biru. Trus pda ribut mirip bgt dngn kisah ku.

    ReplyDelete