Pages

Treasure – Bruno Mars

Banyak perempuan yang menampakkan sisi luarnya sebagai orang lain. Secara, lagu ini menunjuk langsung obyeknya perempuan sih. Mereka berdandan secantik mungkin, berlomba-lomba memiliki kulit putih bersih, rambut lurus sempurna, alis segaris, dsb, hanya supaya mirip dengan siapa atau sama dengan siapa. Temannya berkulit semakin putih, dia coba cara yang sama. Lagi trennya rambut lurus, ikut-ikutan diluruskan. Bahkan anak-anak sekolah saja sudah mulai merapikan alis. Cantik itu menyenangkan. Tapi bagiku, cantiknya perempuan zaman sekarang itu pabrikan. Dulu, aku bisa membedakan mana yang sudah menikah, mana yang belum dari model dandanan. Sekarang, anak-anak saja kayak mak-mak dandanannya. Well, bukan itu sih yang dibahas di lirik lagu ini. Sedikit banyak ada hubungannya, jadi kuawali dengan pendapatku tadi. Interpretasi itu merdeka. Ide boleh beda, yang penting tetap mau baca hehehe.

Give me your, give me your, give me your attention baby
I got to tell you a little something about yourself
You're wonderful, flawless, ooh you're a s*xy lady
But you walk around here like you wanna be someone else

Memang kadang harus orang lain yang menilai kita, agar kita tak terjerumus pada kenarsisan yang semu. Kukatakan itu padamu karena kau selalu merasa ada yang kurang di dirimu. Kau itu cantik, Sayangku. Super cantik malah di mataku. Kau hebat, hatimu kuat, sikapmu lemah lembut, tubuhmu sempurna. Tapi kau tak pernah cukup dengan kata cantik. Apalagi jika aku yang mengucapkannya. Kau ingin seluruh dunia mengakui kecantikanmu. Jadi kau kesana-kamari berusaha mendandani dirimu seperti yang dunia inginkan. Padahal dunia ini punya ribuan selera. Akankah kau memenuhi semuanya? Ada yang suka matanya siapa, ada yang suka bentuk hidungnya siapa, ada yang suka bibir seksinya siapa. Kalau kau tiru, dank au gabungkan ketiganya, hasilnya mungkin malah mengerikan. Kalau saat ini sedang tren rambutnya siapa, kostumnya siapa, make up ala siapa, apa akan kau aplikasikan semuanya? Sudahlah, Cantik, kau ini sudah cantik, tak cacat sedikitpun. Yakinlah bahwa yang kukatakan ini benar. Jangan lagi merepotkan dirimu dengan segala omong kosong itu.

I know that you don't know it, but you're fine, so fine
Oh girl I'm gonna show you when you're mine, oh mine

Sepertinya aku tahu apa masalahnya. Karena yang kau miliki sekarang adalah kekaguman sementara, pujian ala kadarnya. Aku yakin, saat kau menjadi kekasihku nanti, saat kau hanya butuh apa pendapatku tentangmu dan tak lagi peduli pendapat orang lain, kau akan menemukan kecantikan sejatimu. Karena sesungguhnya, kau ini benar-benar cantik, tanpa makeup, tanpa tren apapun yang melekat di dirimu, kau cantik.

Treasure, that is what you are
Honey you're my golden star
And if you could make my wish come true
If you let me treasure you
If you let me treasure you


Bagiku, menemukan gadis sepertimu, layaknya menemukan harta karun. Harta karun yang teramat sangat berharga. Seperti melihat bintang jatuh yang mampu mengabulkan permohonanku. Oh, andai kau mau mengabulkan permohonanku. Hanya satu, Cantik, jadilah milikku. Agar aku bisa menyimpanmu di hatiku.

Pretty girl, pretty girl, pretty girl you should be smiling
A girl like you should never look so blue
You're everything I see in my dreams
I wouldn't say that to you if it wasn't true


Oh gadisku yang jelita, tersenyumlah. Gadis secantik dirimu tak pantas bermuram durja. Dunia ini akan kelabu tanpa senyumanmu. Tahukah kau, Cantik, kaulah yang tiap malam menghiasi mimpi-mimpiku, saking-sakingnya kau telah merasuk di hatiku. Aku bukan sedang merayu, tak kan kukatakan hal ini kalau bukan dari lubuk hatiku.

I know that you don't know it, but you're fine, so fine
Oh girl I'm gonna show you when you're mine, oh mine


Kau itu cantik, sangat cantik. Kan ku buktikan padamu seberapa cantiknya dirimu kalau kau jadi kekasihku nanti.

Treasure, that is what you are
Honey you're my golden star
And if you could make my wish come true
If you let me treasure you
If you let me treasure you


Kau ini harta karunku. Harta cinta yang selama ini terpendam sia-sia, kini tlah kutemukan. Alangkah bahagianya hatiku. Kumohon, izinkanlah aku memilikimu, agar aku bisa menyimpan keindahanmu di hatiku, agar sempurna kebahagiaanku. Kau itu cantik, asli, tanpa perlu dipoles. Kan kubuktikan kelak, kan kutunjukkan padamu kalau kau gadis tercantik sejagat raya.

No comments:

Post a Comment